November 25, 2021
Karbol

Tips Tepat Memilih Produk Karbol Untuk Menciptakan Lantai Bebas Kuman

Selama ini kebanyakan orang menganggap bahwa karbol dan pembersih lantai merupakan produk yang sama. Meski sama – sama bertujuan untuk membersihkan lantai rumah, namun sebenarnya keduanya berbeda. Produk pembersih lantai berfungsi untuk membersihkan lantai dan membuat permukaannya mengkilap, sementara karbol memiliki kemampuan yang lebih dari itu.

Karbol merupakan cairan pembersih non-detergent yang mengandung disinfektan. Cairan karbol mampu membunuh kuman dan bakteri yang mudah berkembang biak di area lembap, dan menghilangkan aroma tak sedap. Karena itu, karbol biasanya digunakan untuk membersihkan dapur, kamar mandi, dan juga kandang hewan peliharaan.

Namun, sebelum memilih produk karbol untuk menciptakan lantai bebas kuman. Kamu perlu simak terlebih dahulu tips dibawah ini agar produk karbol yang kamu pilih nanti tepat. Berikut tips tepat memilih produk karbol untuk menciptakan lantai bebas kuman :

  1. Sesuaikan Produk Karbol Dengan Tujuan Penggunaannya

Agar hasilnya efektif, kamu perlu sesuaikan jenis karbol dengan tujuan penggunaannya. Apakah produk karbol hendak digunakan untuk membersihkan kamar mandi, dapur, atau kandang hewan? Hal tersebut penting agar kamu mendapatkan produk yang tepat guna.

  • Pilih karbol beraroma kuat jika kamu membutuhkannya untuk membersihkan kamar mandi, kandang hewan, dan tempat – tempat lain yang kotor. Untuk area tertentu yang aromanya sangat menyengat, kamu bisa langsung semprotkan karbol ini tanpa mencampurnya dengan air. Aromanya yang tajam akan membantu mentralisir aroma tak sedap yang muncul sebelumnya.
  • Gunakan karbol yang memiliki aroma segar ketika kamu hendak membersihkan lantai kamar dan ruang tamu. Mengepel lantai dengan karbol memang akan membuat lantai rumahmu lebih bersih dan higienis. Sehingga keluarga bisa beraktivitas diatas lantai dengan lebih aman dan nyaman.

Namun masalahnya, beberapa orang tidak suka aroma karbol yang tajam menusuk hidung. Aroma disinfektan identik dengan aroma rumah sakit bagi mereka. Jika begitu, mereka bisa memilih produk karbol yang memiliki aroma segar dan tidak terlalu menusuk hidung. Kini, ada banyak produk karbol wangi dengan beragam pilihan aroma mulai dari aroma hutan cemara, lemon, hingga rumpun serai.

  • Pilih karbol dengan kandungan yang mampu mengusir serangga jika di rumah kamu ada banyak serangga berkeliaran. Memiliki rumah yang dekat dengan ladang, got, maupun di perumahan yang padat terkadang akan membuat banyak serangga berkeliaran. Meski rutin membersihkan lantai, namun serangga – serangga tersebut seringkali tetap muncul didalam rumah sehingga kehadirannya dirasa mengganggu. Karena itu, kamu butuh karbol yang memiliki kemampuan untuk mengusir serangga.
  1. Pilih Karbol Yang Ramah Lingkungan

Karbol mengandung banyak senyawa kimia lantaran fungsinya yang sebagai cairan disinfektan atau pembunuh bakteri. Beberapa orang merasa tidak nyaman dengan keberadaan zat kimia pada karbol tersebut. Jika kamu juga termasuk salah satunya, maka kamu bisa memilih karbol yang banyak mengandung bahan alami seperti minyak serai dan minyak pinus. Kandungan tersebut tidak hanya lebih aman, namun juga lebih ramah lingkungan.

  1. Memilih Ukuran Kemasan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Produk karbol yang dijual dipasaran tersedia dalam beberapa kemasan mulai dari kemasan pouch, botol, hingga jeriken. Masing – masing kemasan tentunya memiliki isi yang berbeda – beda. Jika kamu baru pertama kali membeli karbol, sebaiknya pilih produk dalam kemasan botol. Hal tersebut bertujuan agar karbol tetap tersimpan aman dan tidak mudah tumpah. Nah pada pembelian selanjutnya, kamu bisa memilih karbol dalam kemasan pouch atau refill.

Sementara, jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah dan harus sering membersihkan kandangnya, sebaiknya pilih karbol dalam kemasan jeriken. Dengan begitu, kamu tidak perlu bolak – balik membeli karbol karena cepat habis. Apalagi, dengan membeli karbol berukuran besar sekaligus, harganya akan jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan berkali – kali membeli kemasan kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *