August 2, 2021
Buka rekening

Mau Buka Rekening? Intip Dulu Tips Memilih Banknya

Menabung tentu harus dijadikan kebiasaan yang baik. Supaya mudah menabung, Anda harus memilih manakah rekening bank yang paling tepat. Setiap bank selalu menyediakan lebih dari satu produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah. 

Beberapa fasilitas yang dimiliki dari produk bank berbeda-beda. Berdasarkan fasilitas inilah Anda harus lebih teliti dalam memilih rekening yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah pilih, karena kemudahan bertransaksi tergantung dengan produk yang Anda miliki. 

Tips Memilih Rekening Bank yang Tepat Sebelum Membuka 

Secara umum cara membuat rekening tidaklah sulit apalagi di zaman serba teknologi seperti saat ini. Cukup penuhi syaratnya Anda bisa membukanya dari bank langsung atau di rumah. Supaya Anda tidak salah pilih, ada beberapa tips berikut ini yang bisa diperhatikan sebelumnya. 

 

  • Berapakah biaya administrasi yang dibebankan ke nasabah

Semua rekening memiliki biaya administrasi yang besarannya berbeda-beda. Biaya admin ini akan dibebankan setiap bulan dan dipotong langsung dari tabungan nasabah. Jika dilihat nominalnya memang tidak terlalu besar tapi jika ditotal selama setahun jumlahnya tidak sedikit. 

Lebih baik memilih produk yang bebas biaya admin atau paling kecil jumlah nominal adminnya. Sehingga uang yang disimpan tidak banyak terpotong. Belum lagi biaya admin yang dipotong ketika transaksi transfer ke bank lain, biaya admin penarikan tunai dan lain sebagainya. 

 

  • Tersedianya akses ATM yang mudah

Fasilitas ATM dari rekening yang dipilih juga perlu diperhatikan. ATM akan membantu Anda untuk tarik bahkan setor tunai. Hampir semua produk menyediakan fasilitas ATM, tapi Anda harus mencari tahu apakah mesin ATM tersedia di banyak tempat. 

Apabila Anda bisa dengan mudah menemukan mesin ATM atau dekat rumah maka akan mempermudah kapan saja untuk tarik atau setor tanpa harus ke bank. Fleksibilitas yang dimiliki inilah perlu diperhatikan. Anda tentu tak ingin kesulitan mencari mesin ATM ketika sedang bepergian bukan? 

 

  • Biaya setoran awalnya dan saldo mengendap

Nominal setoran awal atau biaya yang harus tersedia untuk pembukaan rekening harus diketahui. Anda bisa menyesuaikannya dengan kapasitas finansial masing-masing. Ada bank yang memiliki ketentuan setoran awal 500 ribu rupiah dengan biaya setoran bulanan minimal 50 ribu. 

Tak hanya setoran awal yang dipertimbangkan tetapi juga berapa jumlah minimal saldo mengendap. Ada yang ketentuan saldo mengendap 100 ribu atau 50 ribu dan jika saldo terus menerus di bawah angka minimal rekening bisa ditutup. Anda harus menyesuaikannya dengan tujuan membuka rekening. 

 

  • Menyediakan fasilitas online banking

Fasilitas yang kini wajib diberikan oleh pihak bank tidak lain adalah online banking. Adanya fasilitas ini memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi secara online. Misalnya untuk transfer tidak tergantung dengan mesin ATM saja. 

Biasanya fasilitas ini tidak diberikan biaya admin, jadi Anda hanya perlu tahu saja apakah pihak bank menyediakan fitur ini. Jadi pada saat pembukaan tabungan Anda bisa langsung mengaktifkan online banking. 

 

  • Apa saja syarat dan ketentuannya

Setiap pembukaan rekening baru Anda harus memenuhi syarat yang ditentukan. Cari tahu informasi mengenai syarat tersebut dan pastikan Anda sudah memenuhinya. Baik itu dari segi usia, ketentuan setoran awal serta dokumen lainnya seperti KTP. 

Adanya syarat yang jelas ini akan membuat Anda lebih paham mengenai fasilitas atau fitur yang sudah disediakan.

PermataME Memberikan Kemudahan Pembukaan Rekening

Apabila Anda membutuhkan produk yang mampu memenuhi gaya hidup kekinian baik dari kebutuhan menabung, transfer hingga transaksi belanja, PermataME adalah pilihan yang paling tepat. 

Salah satu produk PermataBank ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apa saja yang akan Anda dapatkan dari PermataME? Berikut ini berbagai fitur yang menguntungkan. 

 

  • Pembukaan secara online

Apabila Anda ingin membuka tabungan tidak perlu langsung datang ke bank dan mengantri. Pembukaan bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X. Syarat yang dipenuhi hanyalah KTP saja dan mendaftarkan diri melalui aplikasi PermataMobile X. Isi informasi yang dibutuhkan maka akan langsung diproses. 

 

  • Gratis biaya transaksi tarik atau tunai

Tidak ada biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah untuk tarik tunai. Selama saldo yang dimiliki minimal 1 juta dan bisa dilakukan pada mesin ATM dengan logo VISA/ PLUS. Anda bisa melakukan semua transaksi baik di dalam atau luar negeri. 

 

  • Bebas biaya transaksi transfer online 

 

Anda juga akan dibebaskan dari biaya admin ketika melakukan transfer secara online menggunakan PermataMobile X, ATM, dan PermataNet. Jadi jika ingin melakukan banyak transfer dalam satu hari tak ada limit bahkan biaya admin. 

 

  • Tak ada biaya kartu ATM per bulan

Satu lagi yang akan menguntungkan adalah tidak adanya biaya kartu ATM yang biasanya dibebankan oleh bank lain. PermataME bebas biaya kartu bulanan dan apabila kartu hilang cukup mengurusnya ke bank langsung dengan biaya 15 ribu rupiah saja. 

PermataME adalah rekening yang sangat menguntungkan bagi masyarakat modern yang ingin menabung, transaksi cepat serta bebas biaya admin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *