January 26, 2022
Inveastasi

Manfaat Investasi Adalah? Perlukah Berinvestasi?

Investasi adalah kegiatan menempatkan modal berupa uang atau harta berharga lainnya pada suatu benda, lembaga, atau pihak dengan harapan seorang investor atau penanam modal akan memperoleh keuntungan selama jangka waktu tertentu. Banyak orang berpikir bahwa menabung saja sudah cukup untuk menjaga stabilitas keuangan untuk masa depan.

Faktanya, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, jadi setiap orang harus terus berinvestasi. Ada berbagai jenis investasi seperti deposito, emas, reksadana, saham, real estat, dan obligasi. Sayangnya, banyak orang yang sering menyepelekan kepemilikan investasi tersebut. Lalu apa manfaat investasi yang sebenarnya?

Manfaat Investasi

  • Menghindari kemungkinan terjadinya inflasi

Inflasi memang akan terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini mempengaruhi depresiasi mata uang. Berinvestasi juga merupakan salah satu cara untuk menghindari dampak inflasi. Sebuah investasi yang baik dapat membuat Anda lebih banyak uang.

Inflasi pasti selalu terjadi dari waktu ke waktu. Kondisi ini berdampak pada menurunnya nilai mata uang. Investasi pun menjadi salah satu cara menjauhi dampak inflasi. Dengan investasi yang baik, kamu bisa membuat pertumbuhan uang lebih banyak lagi.

  • Menambah penghasilan

Tentu saja, salah satu keuntungan berinvestasi yaitu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi penghasilan Anda bisa datang dari lebih dari satu sumber dan Anda tidak lagi hanya bergantung pada gaji bulanan Anda.

  • Menambah nilai uang

Meskipun jika Anda menyimpan uang di bank, uang tentunya akan dipotong dengan biaya admin dan juga karena adanya pajak yang akan dikenakan pada bunga yang didapatkan. Mengembangkan kerangka keuangan juga membutuhkan waktu yang lama.

Namun, manfaat investasi memungkinkan Anda mengelola uang dan meningkatkan nilainya dalam waktu yang lebih singkat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan lebih banyak uang dan keuntungan dalam jangka panjang.

  • Mempersiapkan kebutuhan masa depan

Salah satu keuntungan berikutnya dalam berinvestasi adalah mempersiapkan modal untuk kebutuhan masa depan seperti kesehatan, pernikahan dan parenting untuk kebutuhan anak. Investasi membantu memenuhi peningkatan biaya kebutuhan ini yang tentunya penting untuk masa depan.

  • Mendapatkan financial freedom

Siapa yang tidak ingin merasakan kebebasan finansial? Financial freedom atau kebebasan finansial merupakan kondisi di mana Anda memiliki kondisi finansial yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan melakukan investasi secara rutin, Anda bisa berharap akan merasakan financial freedom di masa mendatang.

  • Siap pensiun

Semua karyawan tentunya ingin pensiun dengan tenang dan finansial yang tercukupi. Sekarang, salah satu manfaat penting dari berinvestasi adalah dapat membantu Anda mempersiapkan diri secara finansial untuk persiapan pensiun yang lebih baik. Ingatlah bahwa ketika kita masih muda, tugas kita adalah mempersiapkan masa depan sehingga nantinya bisa lebih santai dan tenang.

  • Belajar bertanggung jawab dan mengambil keputusan

Manfaat sebenarnya berinvestasi tanpa disadari juga melatih seseorang untuk membuat keputusan yang lebih bertanggung jawab. Ketika Anda berinvestasi, Anda harus bertanggung jawab atas investasi yang Anda lakukan serta memahami setiap jenis investasi yang dipilih. Misalnya, jika Anda membuat rencana untuk berinvestasi pada saham tertentu dan ternyata menderita kerugian, Anda tentunya harus bertanggung jawab.

Pengembalian investasi lainnya juga mendorong Anda untuk membuat keputusan keuangan yang lebih berani dan melatih kemampuan Anda untuk menganalisis pengembalian dan kerugian investasi Anda. perlu diingat bahwa semakin tinggi pengembalian investasi, semakin tinggi risiko yang dapat terjadi. Sebelum memasuki dunia investasi, jelas Anda perlu memahami dengan baik kondisi dan risiko apa saja yang kemungkinan akan terjadi.

Pendanaan UKM Indonesia Dengan Pendapatan Bunga hingga 16%

Di era modern serba digital sekarang ini, terdapat cara lain untuk meningkatkan pendanaan, seperti memberikan pendanaan pinjaman. Melalui platform pembiayaan Peer-to-peer (P2P) Lending, Anda dapat mendanai UKM yang membutuhkan pembiayaan dan menikmati bunga atas pembiayaan tersebut. Jadi Anda akan mendapatkan pengembalian dana yang akan dikembalikan dengan bunga.

Peer to Peer Lending adalah pendanaan pinjaman yang sering dilakukan oleh mereka yang memiliki dana lebih untuk membantu UKM dan tentunya UKM juga merasa terbantu dengan adanya P2P Landing. Jika tertarik, Anda bisa mencoba Akseleran yang dapat mendanai UKM Indonesia yang membutuhkan modal eksternal dengan menghasilkan bunga tahunan hingga 16%.

Deskripsi: Investasi adalah salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat terutama dalam bidang finansial di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *