October 23, 2021

Ketahuilah 5 Ciri-ciri dan Contoh Hewan Omnivora yang Hidup di Air

Makhluk hidup terdiri dari hewan, tumbuhan, dan manusia. Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan untuk bertahan hidup, seperti hewan yang dikelompokkan berdasarkan jenis makanan yang mereka makanan.

Kelompok tersebut terdiri dari karnivora, herbivora, dan omnivora. Dalam ulasan ini kami akan membahas mengenai ciri-ciri hewan omnivora dan beberapa contoh hewan omnivora yang hidup di air, simak ulasan ini lebih lanjut.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora          

Setiap hewan yang dikelompokkan dari jenis makanannya, terdapat beberapa ciri khas tersendiri. Seperti hewan omnivora yang memiliki ciri-ciri agar dapat membedakan dengan hewan jenis lainnya, seperti:

  • Hewan omnivora mengadaptasi karakterisik dari jenis hewan karnivora dan herbivora. Oleh karena itu, hewan omnivora bisa memakan segalanya, baik tumbuhan maupun daging
  • Adaptasi tersebut dapat dilihat dari gigi dari hewan omnivora
  • Kegunaan gigi pada hewan omnivora, terdiri dari gigi geraham untuk melumatkan makanan, gigi seri berguna untuk memotong makanan, dan gigi taring untuk mengerat makanan
  • Memiliki peluang bertahan hidup lebih lama, karena dapat memakan apa saja dalam kondisi apapun

Contoh Hewan Omnivora di Air

Hewan omnivora tidak hanya berada di darat, tetapi terdapat beberapa hewan omnivora yang hidup di air. Berikut ini terdapat contoh hewan omnivora yang berada di air, antara lain:

  1. Paus

Terdapat hewan omnivora yang hidup di dalam samudera, yaitu paus. Hewan ini merupakan hewan omnivora, karena memakan tumbuhan dan daging yang berada di dalam laut.

Misalnya saja, paus memakan cumi-cumi dan crustacea. Selain itu, paus juga sering memakan mysidacea dan krill, serta memakan copepoda dan krill meskipun tidak terlalu sering atau termasuk jarang.

  1. Lumba-Lumba

Hewan omnivora di air selanjutnya yaitu lumba-lumba yang dikenal sebagai sahabat manusia dan termasuk hewan yang ramah. Lumba-lumba memakan beberapa makanan seperti ikan-ikan kecil, plankton, cumi cumi, dan lainnya.

Diketahui bahwa lumba-lumba memiliki sonar sistem yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama lumba-lumba lainnya, serta bermanfaat untuk melihat benda-benda kecil disekitar.

  1. Ikan Lele

Banyak orang yang suka memakan olahan ikan lele yang telah digoreng atau dipanggang. Ternyata ikan lele merupakan bagian dari hewan omnivora, sebab ikan lele memakan tumbuhan dan sesama ikan lele lainnya.

Selain itu, ikan lele juga memakan fitoplankton dan udang yang biasanya terdapat pada kolam budidaya lele. Ikan lele memakan daun-daunan yang lunak, parasit, dan hewan kecil yang sering menjadi penganggu tumbuhan.

  1. Udang

Udang merupakan hewan yang pemakan segalanya atau hewan omnivora. Udang memakan tumbuhan air yang biasa digunakan sebagai tanaman, plankton, anak udang, ikan-ikan kecil dan daging yang sudah mati.

  1. Angsa

Angsa merupakan hewan yang hidup di ekosistem perairan dan termasuk dalam hewan omnivora. Hal ini dapat dilihat dari makanan yang dimakan oleh angsa, seperti serangga dan beberapa jenis daun-daunan di sekitar.

Selain dianggap sebagai jenis burung raksasa, pada beberapa negara, angsa menjadi lambang dari kesetiaan, karena bulu angsa yang berwarna putih memiliki arti sebagai kesucian.

Itulah ulasan mengenai ciri-ciri hewan omnivora dan beberapa contoh hewan omnivora yang berada di air. Hewan-hewan yang telah disebutkan dapat bertahan hidup dengan memakan daging dan tumbuhan disekitar mereka.

Berdasarkan ulasan diatas, bagaimana menurut Anda mengenai hewan omnivora yang hidup di air?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *