October 24, 2021
Margono Soekarjo

Inilah Layanan Unggulan Endoscopy RS Margono Soekarjo Purwokerto

Jawa Tengah bagian selatan memiliki sebuah rumah sakit kelas B Pendidikan yang berada di Purwokerto yaitu rumah sakit Margono Soekarjo RSMS merupakan rumah sakit milik pemerintah yang juga menjadi rujukan untuk berbagai jenis penyakit umum. Dalam melakukan fungsinya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat, RSMS memiliki berbagai teknologi kesehatan modern dan canggih yang digunakan baik untuk keperluan diagnosa, pengobatan, hingga perawatan dan pemeliharaan. Salah satunya adalah prosedur endoscopy dengan alatnya yang dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai kelainan di beberapa bagian tubuh manusia.

Endoscopy memang lebih banyak digunakan untuk keperluan diagnostik dalam upaya menyelidiki akar permasalahan dari gangguan kesehatan yang terjadi. Endoscopy bisa dilakukan di berbagai lokasi pada tubuh manusia dan sebagian besar dilakukan di saluran pencernaan. Meski begitu di RSMS Anda juga bisa melakukan endoscopy di saluran telinga hingga pembuluh darah untuk mengetahui masalah kesehatan yang terjadi dengan lebih detail dan dekat. Bagi yang belum mengetahui prosedur ini, endoscopy akan memasukkan benang atau kawat kecil ke dalam tubuh dimana di dalamnya terdapat kamera yang dapat mengintai bagian tubuh yang dibutuhkan. Tangkapan kamera akan diteruskan ke layar monitor sehingga dokter dapat melihat apa yang terjadi di dalam tubuh dengan lebih jelas dan melakukan diagnosa dengan tepat.

Saat ini endoscopy fleksibel atau lentur sudah diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi para dokter dalam mendapatkan gambar yang terbaik untuk melihat kondisi dalam pasien. Namun tentu saja tenaga ahli yang dibutuhkan harus semakin kompeten seperti yang dimiliki oleh RSMS. Selain untuk diagnosa, endoscopy juga bisa ditujukan untuk fungsi pengobatan seperti pada prosedur pemasangan ring jantung.

Seperti disebutkan di atas, bahwa kebutuhan endoscopy yang paling sering terjadi di rumah sakit ini adalah untuk saluran pencernaan. Untuk kebutuhan ini, endoscopy dibagi menjadi dua yaitu pemeriksaan saluran cerna bagian atas atau esofago Gastro Duodenoscopi (EGD) dan pemeriksaan saluran cerna bagian bawah atau disebut dengan kolonoskopi. Berikut ini adalah informasi lebih detail mengenai penyakit apa saja yang bisa dideteksi menggunakan kedua prosedur tersebut.

Untuk endoskopi saluran cerna bagian atas, dapat digunakan pada pasien dengan gejala penyakit:

  • Dispepsia.
  • Disfagia.
  • Perdarahan saluran cerna bagian atas.
  • Nyeri Epigastrum kronis.
  • Kecurigaan keganasan jaringan.
  • Nyeri dada tidak khas.

Untuk melakukan endoscopi saluran cerna atas, pasien diharuskan melakukan puasa setidaknya 6 jam sebelum tindakan dan melepas gigi palsu serta kacamata. Sedangkan perawatan setelah melakukan tindakan endoscopy antara lain makan makanan halus terlebih dahulu setelah 1 hingga 2 jam tindakan. Pasien juga harus segera menghubungi dokter jika terjadi pendarahan. Pada pasien rawat jalan, tidak boleh membawa makanan dari luar rumah sakit.

Sedangkan pemeriksaan endoscopy untuk saluran cerna bawah atau kolonoscopy dilakukan untuk mendeteksi beberapa penyakit seperti Hematoskesia, Diare tidak khas, riwayat sindroma poliposis, penyakit colon dan lainnya. untuk persiapan yang dilakukan, pasien harus makan hanya bubur sumsum tanpa santan yang dilakukan sejak dua hari sebelum tindakan endoscopy dilakukan. Puasa dilakukan semalam sebelum tindakan dan perbanyak minum air putih setelah pemberian garam inggris untuk membuang kotoran di dalam perut. Perawatan lainnya akan dilakukan oleh tenaga medis dari rumah sakit Margono Soekarjo sesuai dengan diagnosa pasien dan prosedur kolonoscopy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *