October 19, 2021
Olahraga Diabetes

Cara Perawatan Luka Diabetes di Rumah dengan Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu hal yang harus dihindari oleh penderita diabetes adalah mengalami luka yang susah untuk menghentikannya. Dimana luka penderita diabetes yang susah untuk sembuh adalah karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh yang tinggi. Sehingga karena tingginya kadar gula tersebut mempunyai banyak mengakibatkan hal negatif untuk kesehatan seperti dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, merusak saraf, dan juga dapat membuat proses perbaikan jaringan yang rusak menjadi lebih lama. Oleh karena hal itulah luka pada penderita diabetes akan lebih susah atau lama untuk sembuh. Dengan bantuan dokter spesialis diabetes ke rumah perawatan luka diabetes dapat dilakukan dengan baik agar tidak bertambah parah sendiri salah satunya bisa dilakukan dengan mengontrol kadar gula darah sehingga luka tidak bertambah parah dan susah sembuhnya. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk dapat mengontrol kadar gula darah agar tetap normal adalah:

  • Berolahraga

Cara pertama untuk dapat mengontrol gula darah adalah dengan melakukan olahraga dengan rutin. Penderita diabetes penting untuk menstabilkan gula darahnya sehingga tidak kurang ataupun tinggi. Salah satu hal penting untuk mencapai hal tersebut adalah dengan melakukan olahraga secara rutin setiap minggunya. Usahakan untuk melakukan olahraga 2,5 jam per minggu yang dapat digunakan untuk melatih otot, sehingga dapat untuk menyimpan gula dengan lebih baik. Akan tetapi juga sangat penting untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan yang justru dapat memicu hipoglikemia.

  • Memperhatikan asupan makanan

Perawatan luka diabetes di rumah selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi untuk tetap mengontrol kadar gula darah. Dimana salah satu hal penting yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan makanan dengan membatasi konsumsi karbohidrat. Pilihlah sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh seperti pasta, ubi, dan juga nasi merah. Adapun untuk sumber makanan lainnya yang baik untuk tubuh dan penderita diabetes adalah ikan salmon, dada ayam yang tanpa kulit, bayam, brokoli, dan juga kacang almond.

  • Selalu makan tepat waktu

Hal ini merupakan hal sepele yang tidak boleh untuk dilewatkan oleh penderita diabetes. Dimana penderita diabetes harus selalu makan tepat waktu utamanya adalah tidak melewatkan sarapan ketika pagi. Dimana hal tersebut akan membuat rasa lapar yang meningkat sehingga membuat makan secara berlebihan. Apabila hal tersebut terjadi makan tentunya akan membuat makan lebih banyak dan menambah kadar gula darah menjadi tidak terkontrol. Oleh karena itulah upayakan untuk selalu makan tepat waktu dan tidak melewatkan untuk makan sesuatu ketika jamnya.

  • Menghindari stress

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk dapat mengontrol kadar gula darah adalah dengan menghindari stress. Hal ini merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan mudah, karena apabila Anda mengalami stress maka akan dapat untuk membuat kadar gula darah menjadi naik. Sehingga hal tersebut membuat luka yang dialami tidak mudah untuk sembuh dan justru menjadi lebih parah.

  • Sedia cemilan manis

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk dapat tetap mengontrol kadar gula darah agar stabil sebagai salah satu perawatan luka diabetes di rumah adalah dengan menyediakan cemilan manis. Usahakan untuk menyediakan cemilan manis agar tidak membuat kadar gula darah turun drastis. Sehingga usahakan untuk menyediakan cemilan manis seperti permen, coklat, dan juga makanan manis lainnya yang dapat menaikkan kadar gula darah. Akan tetapi juga penting untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *