September 27, 2021
Makanan 6 Bulan

Apa Makanan Pertama Bayi 6 Bulan dan Bagaimana Aturan Pemberiannya?

Saat si kecil mulai masuk usia 6 bulan, maka pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya mulai dilakukan. Nah, beberapa orang tua mungkin masih bertanya perihal apa makanan pertama bayi 6 bulan. Hal ini cukup wajar karena selain faktor pengalaman, orang tua juga harus berhati-hati untuk memilih jenis makanan yang diberikan.

Nah, berbincang tentang makanan pertama bayi 6 bulan, Anda sebaiknya berusaha mencari informasi yang lengkap. Selain memilih bahan makanan yang tepat, pastikan Anda juga mengetahui bagaimana aturan pemberiannya.

Aneka Menu Makanan Pendamping ASI Bayi 6 Bulan

Sebenarnya, ada beberapa ide menu yang tepat sebagai makanan pendamping pertama saat si kecil berusia 6 bulan. Nah, adanya beberapa ide menu tersebut tentu akan membantu Anda berkreasi agar si kecil tidak merasa bosan.

Adapun beberapa ide menu makanan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cereal anak yang memiliki tekstur lembut
  2. Sayuran yang sudah dihaluskan, seperti brokoli, bunga kol, kacang polong, wortel, bayam dan lainnya
  3. Buah yang sudah dihaluskan sebelumnya, seperti pisang, apel, mangga, pepaya dan lainnya
  4. Tahu
  5. Ikan tanpa tulang
  6. Telur
  7. Daging ayam tanpa kulit
  8. Hati ayam

Beberapa bahan di atas bisa dicampur untuk membuat menu makanan pendamping campuran. Namun, Anda pun juga bisa memberikannya secara terpisah untuk mengenalkan rasa pada si kecil.

Aturan Memberikan Makanan Pendamping pada Bayi 6 Bulan

Selain memilih menu makanan yang tepat, ada baiknya jika Anda juga mengetahui aturan dalam pemberian makanan pendamping tersebut. Aturan ini tentu akan membantu Anda memaksimalkan usaha pemenuhan nutrisi si kecil

Salah satu aturan yang sangat penting adalah Anda harus memberikan makanan pendamping secara perlahan dan jangan memaksa. Hal ini penting karena sebenarnya si kecil memerlukan waktu untuk penyesuaian.

Juga, ada baiknya jika Anda menyediakan menu yang sama selama beberapa hari. Ini adalah poin yang penting setelah Anda mengetahui apa makanan pertama bayi 6 bulan yang harus diberikan. Dengan menu yang sama, maka si kecil akan cenderung lebih terbiasa dengan makanan yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *