October 23, 2021
SDA

7 Jenis Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang tersebar di berbagai wilayah tanah air. Berbagai sumber daya alam ini sudah digali dan dipergunakan sejak lama.

Namun meski memiliki banyak sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, semua ini tentu akan habis pada saatnya nanti. Jika tidak dikelola dengan baik, sumber daya alam ini bisa saja habis dalam waktu dekat.

Harus dikelola dengan cara yang tepat

Pada dasarnya, sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui memang harus digunakan dengan bijak, agar bisa bertahan hingga generasi-generasi yang akan datang.

Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari melakukan penghematan, hingga menghentikan pemaikaian dan menggantinya dengan berbagai inovasi yang baru.

Berikut ini adalah beberapa jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:

  • Logam mulai

Logam mulai merupakan istilah yang terdapat dalam ilmu kimia yang pergunakan untuk berbagai logam dengan daya tahan tinggi pada korosi dan juga proses oksidasi.

Pada umumnya logam mulai hanya ditemukan dalam jumlah terbatas dan membutuhkan proses penambangan yang rumit, sehingga harganya menjadi begitu mahal.

Ada beberapa jenis logam mulia yang ditemukan di berbagai wilayah Indonesia, antara lain: emas, tembaga, perak, platinum, dan yang lainnya.

  • Minyak mentah 

Minyak mentah juga menjadi sumber daya lainnya yang tidak dapat dipebaharui dan membutuhkan proses pengeboran untuk mengeluarkannya dari perut bumi.

Selain itu, minyak mentah ini juga membutuhkan pengolahan lebih lanjut menjadi beberapa jenis, seperti: aspal, solar, bensin, oli, dan yang lainnya. Hasil olahan inilah yang akhirnya dijual kepada masyarakat.

  • Gas alam 

Gas alam merupakan sumber daya alam yang berasal dari berbagai fosil purba yang tertanam di perut bumi. Gas alam kerap ditemukan bersamaan dengan minyak mentah.

Sumber daya alam yang satu ini biasanya dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk sebagai pembangkit listrik dan juga sebagai cairan dalam produksi kendaraan.

  • Batu bara 

Batu bara adalah salah satu hasil tambang yang banyak ditemukan di Indonesia. Batu bara berasal dari fosil tumbuhan purba yang telah tertanam di perut bumi selama jutaan tahun.

Sumber daya alam yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk bahan bakar pada berbagai industri, termasuk untuk dipergunakan secara perorangan (rumah tangga).

  • Nuklir

Masuk dalam kategori mineral tambang, nuklir memang menjadi salah satu sumber daya alam yang langka dan terbilang jarang ditemukan. Jumlahnya pun sangat terbatas dan sudah begitu minim saat ini.

Sumber daya alam ini biasanya ditemukan dalam bentuk uranium dan banyak dimanfaatkan utuk berbagai hal, seperti: kebutuhan dunia medis, pembangkit listrik, dan yang lainnya.

  • Timah 

Timah merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui dan cukup banyak ditemukan di wilayah Sumatera. Biji-biji timah ini tertanam di perut bumi dan harus didapatkan melalui proses penambangan.

Timah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti: bahan baku pembuat pasta gigi dan juga gigi palsu, bahan baku untuk aluminium foil, dan yang lainnya.

  • Besi 

Besi merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak ditemukan di dalam perut bumi, bahkan menjadi unsur terbesar di urutan ke empat dalam kerak bumi.

Sumber daya alam ini banyak digunakan dalam berbagai industri, termasuk menjadi bahan bangunan dan yang lainnya.

Membutuhkan pengelolaan yang lebih serius

Jika melihat kenyataan bahwa sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui akan habis, maka sudah sewajarnya kita bijak dalam memanfaatkannya.

Perlu mengelolaan yang lebih serius terhadap berbagai sumber daya alam ini, agar bisa awet dan dinikmati oleh generasi yang akan datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *