December 12, 2019
Mata

Tips Menyembuhkan Benjolan di Kelopak Mata

Kalaizon merupakan suatu benjolan di kelopak mata yang memiliki area merah, kecil maupun luka pada bagian kelopak mata yang tidak menyebabkan rasa nyeri. Kalaizon ini hampir sama dengan bintil atau kadang disebut sebagai tembel namun tidak sama karena penyebab tembel karena terinfeksi bakteri pada akar bulu mata sehingga muncullah benjolan. Tips kalaizon dengan susut luar dan lipatan dalam. Susut luar merupakan kondisi yang membuat bintil merah dengan keras seperti ukuran kacang pada kelopak mata dan lipatan dalam yang menjadi bintil tumor terjadi pada bagian dalam kelopak mata.

Kalaizon dapat terjadi pada siapa saja, pada umumnya anak-anak lebih rentan karena cukup sering mengucek mata. Umumnya memiliki kondisi pada bagian kelopak yang terjadi bawah mata maupun kedua mata, tidak hanya satu benjolan melainkan terlihat bengkak secara tidak merata disebut sebagai kalazia. Kondisi kalaizon pada beberapa kasus disembuhkan dengan sendirinya tanpa adanya penanganan khusus. Gejala yang ditimbulkan seperti sensitif terhadap cahaya yang terang atau merasa tidak nyaman, sering mengeluarkan air mata dan berkurangnya kemampuan penglihatan. Meskipun memiliki gejala biasa namun pasien yang mengalami penyakit ini perlu konsultasi jika merasa gangguan penglihatan karena dapat menyebabkan bagian lain dari mata mengalami gangguan.

Berikut adalah penyebab kalaizon:

  • Terdapat gangguan kulit terutama terjadi untuk bagian mata seperti dermatitis seboroik maupun rosacea.
  • Terjadi peradangan pada bagian tepi area kelopak mata.
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes.
  • Pernah mengalami kalaizon sebelumnya sehingga memiliki resiko untuk mengalaminya kembali.
  • Terkena paparan dari udara kotor sehingga membuat resiko tersumbatnya kelenjar.

Pada bagian mata terdapat kelenjar meibom yang terdapat pada bagian dalam kelopak mata. Kelenjar ini dapat menghasilkan cairan yang dapat bercampur air mata dan memiliki tugas untuk dapat melindungi maupun menjaga lembabnya mata sehingga mata tidak mudah mengalami iritasi dan kering. Dalam kasus tertentu, cairan ini tersumbat sehingga membuatnya mengumpul dan membentuk suatu benjolan yang memiliki cairan. Dokter yang melakukan pemeriksaan kalaizon biasanya memastikan tidak mengalami phony disease, atau penyakit mata lain sehingga tidak membutuhkan pengujian dari dokter spesialis untuk mengetahui mata terlipat. Dapat juga melalui terapi dengan pembedahan maupun injeks steroid dan biasanya dilakukan saat benjolan tumbuh dan membuat penglihatan terganggu. Beberapa dokter menyarankan untuk memeriksakan diri dengan pemeriksaan biopsy jika benjolan tetap tumbuh.

Berikut adalah tips menyembuhkan kalaizon diantaranya:

  • Membersihkan area mata dari benda asing dengan mengambil bola kapas bersih lalu memasukkannya dalam air hangat dan dibersihkan dengan pijatan lembut hingga 3 atau 4 kali dalam sehari, sebaiknya mencuci tangan sebelum memegang kapas bola.
  • Jangan sampai memencet benjolan yang dapat memperburuk keadaan untuk mengeluarkan cairan karena akan membuat kuman menyebar ke mata dan menyebabkan luka secara permanen pada bagian kelopak mata.
  • Gunakan salep antibiotik berdasarkan resep dokter untuk membunuh bakteri dan meringankan ketidaknyamanan pada bagian mata, secara rutin di sepanjang bagian kelopak mata.

Selain itu, dapat mengompres air dengan menggunakan air hangat selama 5 menit yang dilakukan 3 hingga 4 kali dalam sehari. Dapat juga menggunakan kantong teh celup dari air hangat untuk mengganti handuk. Prosedur lain untuk menyembuhkan benjolan di kelopak mata adalah dengan menyuntikkan kortikosteroid sehingga akan memberikan drainase baik dengan efek akan mencerah kulit sekitar mata dan menjadi sedikit masalah untuk orang yang memiliki kulit gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *