Properti

Tips Membuat Rumah Minimalis Memiliki Taman Yang Indah

admin / December 27, 2017
Rumah Minimalis

Buat kamu pasangan muda yang baru saja membeli rumah, pasti ingin memiliki rumah dengan nuansa yang indah, nyaman dan tentunya membuat kamu ingin berlama-lama berada di rumah. Berikut ini ada Tips membuat rumah Minimalis agar memiliki nuansa yang indah, dengan membuat taman kecil di halaman depan ataupun di halaman belakang rumah. Jika kamu mempunyai uang banyak, kamu bisa membuat taman dengan menggunakan jasa seorang Lanskaper, namun jika kamu mempunyai dana yang bisa dibilang pas atau minim, ada baiknya mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat taman yang kecil namun akan terlihat luas dan indah.

Untuk mendesain sebuah taman kecil di halaman depan rumah Minimalis tidaklah susah, kamu hanya perlu melihat informasi desain taman yang sesuai dengan seleramu, dan meliarkan imajinasimu dalamĀ  menata tanaman sesuai dengan seleramu. Dalam pembuatan taman Minimalis rumput sangat berperan penting, untuk menambah nuansa sejuk dan hijau. Jadi utamakan rerumputan agar bisa tumbuh dengan baik, lalu tata tanaman yang kamu inginkan. Untuk mempertegas taman yang indah, kamu bisa membuat jalan setapak dengan menggunakan kerikil, atau bisa juga menggunakan lantai yang terbuat dari batu alam sebagai aksen alami yang akan kamu masukkan, dan ini membuat kesan taman kecil kamu akan terlihat hidup.

Rumah Minimalis

Dalam membuat sebuah taman yang indah dalam rumah Minimalis, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Perhitungkan luas lahan yang kamu miliki untuk membuat taman yang indah. Luas lahan adalah hal yang sangat penting dalam buatan taman, karena dengan mengetahui luas area kamu bisa memperkirakan tanaman yang kamu butuhkan. Dengan luas area yang Minimalis, kamu bisa mempercantik taman dengan tanaman-tanaman yang berukuran kecil, usahakan jangan terlalu banyak meletakkan tanaman karena akan terlihat penuh sesak. Jika bisa, buatlah pipa susun dan tanam sayuran agar bisa memiliki manfaat lain selain memperindah rumah Minimalis kamu.
  2. Perhatikan tata letak yang akan kamu jadikan taman penghias rumah. Sebelum membuat taman, kamu bisa memperhatikan sisa lahan yang bisa kamu jadikan taman. Jika lahan yang tersisa ada di sebelah rumah, maka buatlah taman di sebelah rumah, namun kebanyakan rumah Minimalis sisa lahan biasanya terletak di bagian depan rumah ataupun belakang rumah. Kamu bisa memanfaatkan sisa lahan ini dengan mendesain taman mungil untuk memperindah rumah dan akan membuat nuansa rumah menjadi lebih hijau.
  3. Pilih tema untuk taman yang akan kamu desain agar sesuai dengan tema rumah. Karena lahan yang terbatas pada rumah Minimalis, kamu bisa menggunakan tema taman yang Minimalis namun tetap modern. Taman Minimalis biasanya menggunakan tanaman yang digantung atau tanaman yang menggunakan pipa agar terlihat cantik dan menawan. Ada beberapa tema taman yang berlaku saat ini, seperti taman modern, taman klasik, taman tradisional, taman bergaya tropis, taman Minimalis dan lain sebagainya. Kamu bisa memasang tema mana saja, namun kamu harus tetap memperhatikan tata letak dan juga jenis tanaman yang akan kamu gunakan.
  4. Pilihan tanaman yang akan kamu gunakan untuk memperindah taman di sekitar rumah Minimalis. Pemilihan tanaman merupakan hal yang sangat penting, karena akan berimbas pada keindahan yang akan tercipta. Dan tanaman ini yang akan menghias taman Minimalis yang akan kamu buat. Saat kamu membeli tanaman yang akan diletakkan dalam taman, ada baiknya disesuaikan dengan luas area yang kamu miliki untuk membuat taman. Jangan membeli tanaman yang berukuran besar jika luas area yang kamu miliki hanya sedikit, jangan membeli tanaman terlalu banyak juga, karena akan mempersempit area taman yang akan kamu buat.
  5. Perhitungkan saluran air, langkah terakhir yang harus kamu perhatikan saat membuat taman adalah dengan memperhitungkan drainase. Untuk menyerap dan mengatur air agar air tidak menggenang saat kamu menyiram tanaman, haruslah mempunyai drainase yang baik. Karena ini akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman yang akan kamu tanam. Dengan drainase yang baik, bisa dipastikan tanaman juga akan tumbuh dengan baik.

Taman Minimalis dalam rumah Minimalis tidak saja membuat rumah menjadi terlihat lebih indah, tapi juga bisa bermanfaat untuk tempat resapan air. Dan agar rumah terlihat hijau dan asri tidak gersang. Untuk itu, saat membangun tempat untuk hunian usahakan untuk bisa menyisakan sedikit lahan untuk membuat taman kecil. Dan membuat taman tidak harus dengan dana yang mahal, asal kamu bisa memanfaatkan barang bekas yang ada, kamu juga bisa membuat taman yang indah. Dengan menggunakan pipa bekas misalnya, atau dengan kaleng susu bekas anak, tinggal bagaimana kamu bisa meliarkan imajinasimu agar menjadi taman yang indah. Sekian pembahasan yang bisa kami berikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *