Travelling

Tips Membeli Tiket Kereta dan Memilih Kursi Penumpang Ekonomi

admin / June 8, 2018

Saat ini perjalanan antar provinsi dan daerah dapat menggunakan beberapa alat transportasi seperti bus, kereta api dan pesawat. Salah satu yang paling sering digunakan adalah kereta api, harganya lebih murah dibanding pesawat dan memiliki jarak yang tempuh sesuai dengan destinasi. Memiliki 3 kelas yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan penumpangnya. Sebagai penumpang tentunya membutuhkan tiket kereta untuk mampu memilih kursi penumpang dan juga untuk dapat mengakses perjalanan ketika berangkat. Saat ini pemesanan tiket sudah lebih mudah dan murah, pembeli hanya perlu memanfaatkan jaringan internet dan smartphone maupun gadget.

Tiket Kereta

Terutama saat ini banyak situs jual beli online tidak hanya menawarkan segala keperluan terkait fashion, perlengkapan rumah tangga saja tetapi juga penjualan tiket. Hal ini membuat pembeli dapat membandingkannya terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Berikut adalah tips memilih tiket diantaranya:

  • Reservasi tiket telah dibuka sejak h-90 dari tanggal keberangkatan yang berlaku pada situs resmi dan loket KAI dan beberapa agen penjualan yang bekerjasama dengan PT. KAI. Hal ini diperlukan supaya persiapan lebih panjang dan tidak akan kehabisan tiket.
  • Pesan tiket dengan perhitungan waktu yang tepat karena pada jam 00.00 WIB peluncuran tiket akan segera diserbu oleh banyak pembeli sehingga akan memungkinkan pembeli akan sulit melakukan pemesanan maka sebaiknya 3 jam setelah itu.
  • Pilih metode pembayaran yang mudah, dan dapat memampukan pembeli melakukan pembayaran dengan cepat.
  • Pastikan koneksi internet tetap stabil supaya pemesanan tidak gagal terutama saat harus menyelesaikan metode pembayaran dengan batas waktu tertentu tiket akan hangus.
  • Cari solusi lain dari KAI jika ingin menghindari lalu lintas data yang terlalu tinggi saat terjadi pemesanan.

Beberapa tips diatas perlu diperhatikan supaya dapat membantu para pemesan tiket. Terutama yang membeli secara online maka jaringan internet menjadi sangat berpengaruh. Saat hari libur nasional ataupun weekend, pemesanan tiket h-1 selalu habis atau yang tersedia adalah kursi penumpang yang tidak nyaman. Hal ini sangat perlu diperhatikan oleh para pembeli terutama yang memburu kereta api kelas ekonomi.

Berikut adalah tips memilih kursi penumpang ekonomi untuk pemesanan tiket kereta diantaranya:

  • Hindari untuk memilih tempat duduk dekat dengan bordes dan toilet karena akan membuat penumpang menghirup bau tidak sedap dan mengalami guncangan yang terlalu keras.
  • Pilih tempat duduk dekat dengan jendela pada nomor baru A atau D sehingga akan memberikan pemandangan sepanjang perjalanan.
  • Pilih tempat duduk dekat lorong untuk memudahkan penumpang saat ke kamar mandi dengan memilih nomor baris B atau C.
  • Hindari tempat duduk nomor 1-4 dengan baris ABCD dan tempat duduk 19-22 dengan baris ABCD untuk prioritas.

Saat memilih kursi penumpang melalui situs belanja online maka posisi tempat duduk akan digambarkan. Akan memberitahu kepada calon pembeli daerah lorong, tempat keluar dan juga toilet. Sehingga pembeli dapat mengaplikasikan beberapa tips diatas untuk memilih kursi penumpang pada kelas ekonomi. Kelas ekonomi merupakan kelas yang paling diburu sehingga pembeliannya harus sesegara mungkin karena harganya dapat lebih mahal.

Tiket kereta sudah menjadi pencaharian paling banyak saat ini terutama sudah mendekati hari lebaran yang ditandai dengan mudik. Tiket akan jauh lebih mahal dan kursi yang tersisa merupakan kursi yang belum tentu menjamin kenyamanan penggunanya. Kereta api merupakan transportasi yang biasanya memakan waktu 8 jam jika antar kota dalam provinsi yang berbeda dan semakin jauh semakin lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *