October 16, 2019
Otomotif

Tak Boleh Sembarangan, Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Ganti Oli

Ganti Olo Mobil

Oli menjadi salah satu cairan yang dibutuhkan oleh mobil untuk bisa berfungsi dengan baik, sehingga ganti oli mobil harus dilakukan secara rutin. Sebab, apabila mobil kekurangan oli atau oli sudah menghitam, maka dapat mengganggu kinerja setiap komponen pada mobil.

  1. Pastikan Oli Memiliki Kualitas Unggul

Sekarang ini, terdapat berbagai merek dan tipe oli yang beredar di pasaran. Dari sekian banyaknya pilihan oli, Anda harus memastikan bahwa oli yang dipilih adalah oli berkualitas agar setiap komponen mobil terjaga dari kerusakan.

Selain untuk menjaga setiap komponen mobil, penggunaan oli yang berkualitas juga dapat menghemat konsumsi BBM. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh.

  1. Kenali Mesin Mobil Anda

Sebelum mengganti oli, ada baiknya Anda memahami spesifikasi dari mobil melalui buku panduan yang diberikan saat pertama membelinya. Dalam buku panduan, biasanya akan ada penjelasan secara lengkap dan detail.

Yang harus menjadi perhatian adalah tipe dan kondisi mesin karena pemakaian oli tertentu belum tentu cocok dengan mesin Anda. Biasanya, disebutkan pula rekomendasi oli yang cocok dengan mobil Anda.

  1. Jangan Lupa Filter

Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah mengganti filternya. Filter ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang terdapat pada oli. Apabila Anda tidak mengganti filter, maka saringan ini bisa tersumbat.

Kotoran oli ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil sehingga Anda wajib mengganti filter setiap kali mengganti oli. Jangan sampai mesin mobil rusak permanen hanya karena lupa mengganti filter.

  1. Pastikan Oli Original atau Asli

Oli menjadi kebutuhan wajib setiap kendaraan, bahkan dalam kurun waktu tertentu oli harus diganti agar tidak mengganggu kinerja mobil. Hal ini membuka peluang bagi para penjual nakal yang menawarkan oli palsu.

Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa oli yang Anda gunakan merupakan oli asli atau original. Caranya adalah dengan membeli oli pada distributor resmi dan jangan mudah tergiur dengan harga yang begitu murah.

Ganti oli mobil menjadi aktivitas rutin dalam kurun waktu tertentu yang dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Mengingat pentingnya fungsi oli, maka kita harus memastikan bahwa oli yang digunakan merupakan oli asli dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *