Olahraga

Selain Sepak Bola, 3 Permainan ini Juga Menggunakan Bola dan Mendunia

admin / January 9, 2018
Sepak Bola

Olahraga menjadi suatu kebutuhan manusia yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga sendiri memiliki banyak cabang, ada yang dari cabang atletik, renang, sepak bola, dan masih banyak lagi. Salah satu olahraga yang sangat populer di seluruh dunia adalah olahraga sepak bola. Sepak bola menjadi suatu olahraga sekaligus hiburan tersendiri bagi yang bermain dan juga yang menyaksikan. Bahkan perhelatan lombanya pun sangat meriah dan diikuti oleh seluruh perwakilan negara di dunia. Hingga nama klub yang memiliki permainan bagus dalam Piala Dunia akan selalu dikenang dan diingat namanya. Indonesia sendiri pernah mengikuti Piala Dunia di tahun 1938. Akan tetapi, kemudian nama Indonesia belum pernah muncul lagi di Piala Dunia. Sekalipun demikian, Persepakbolaan Indonesia sedang berusaha mendapatkan kembali posisi di kancah internasional. Salah satu even terdekat adalah Asian Games 2018. Persiapan Indonesia di Asian Games mendatang terbilang cukup serius, dengan mengundang salah satu tim nasional yang lolos Piala Dunia 2018 yaitu Timnas Islandia.

Sepak Bola

Laga persahabatan Indonesia dan Islandia ini dilaksanakan 2 kali yaitu pada tanggal 11 Januari di Yogyakarta dan 14 Januari di SUGBK Jakarta. Kedua permainan ini diharapkan mampu mengundang semangat para pemain sekaligus dukungan dari suporter Indonesia. Suporter setia Timnas Indonesia yang ingin menyaksikan secara langsung kebolehan Timnas, bisa membeli tiket secara online di bukalapak. PSSI akan membuka penjualan tiket online bekerja sama dengan bukalapak sebagai mitra jual tiket pertandingan timnas Indonesia vs Iceland .

Sekalipun permainan olahraga sepak bola cukup populer, akan tetapi sebenarnya banyak olahraga lain yang juga menggunakan bola sebagai media permainannya. Berikut adalah 5 olahraga bola yang juga populer di dunia :

  • Olahraga Basket

Olahraga basket merupakan permainan bola dengan cara memantulkan bola ke permukaan lantai. Misi dari permainan ini adalah untuk mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan. Yang unik dari permainan ini adalah bola hanya boleh dipantulkan (dribble) 3 kali saja. Teknik dribbling ini pun harus bisa mengkombinasikan pemantulan bola dan lari agar bola basket bisa masuk ke ring lawan. Dalam permainan basket, setiap tim hanya terdiri dari masing-masing 5 orang saja.

  • Olahraga Voli

Olahraga voli merupakan olahraga bola dengan cara memukul bola ke arah pertahanan lawan. Jumlah pemain dalam satu tim di olahraga voli adalah 6 orang. Antar dua pertahanan tim dipisahkan oleh pembatas berupa net. Singkatnya, bermain voli adalah memukul bola ke pertahanan lawan dengan tetap menghindari net / pembatas.

  • Olahraga Bola Tangan

Olahraga bola tangan (handball) adalah olahraga yang cara permainannya hampir sama dengan sepak bola. Akan tetapi, dalam permainannya pemain diwajibkan menggunakan tangan untuk memasukkan bola ke pertahanan lawan. Berbeda dengan voli yang terdapat pembatas antara 2 pertahanan, di bola tangan ini tidak ada pembatas antara kedua tim.

Di atas adalah macam-macam olahraga yang juga menggunakan bola sebagai media bermainnya. Rata-rata sistem permainannya adalah mencapai misi yang sama, yaitu membawa bola ke kandang lawan sehingga dengan demikian poinnya akan bertambah. Sekalipun dimainkan dengan cara yang sedikit berbeda, tetapi keseruan tetap bisa dirasakan di ketiga olahraga di atas. Dari sepak bola, bola basket, bola voli, dan bola tangan, mana nih yang menurutmu asik untuk dimainkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *