August 20, 2019
Kesehatan

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan karena Kolesistitis

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan karena Kolesistitis

Salah satu penyebab dari rasa sakit perut sebelah kanan karena Anda mengalami penyakit kolesistitis. Rasa sakit ini akan disertai dengan mual, nyeri di bagian lambung, dan juga sakit di ulu hati. Berikut ini penyebab dari terjadinya penyakit kolesistitis.

Sakit Perut Sebl

  1. Penyumbatan Saluran Empedu

Pada banyak kasus penyakit kolesistitis terjadi karena adanya penyumbatan di bagian saluran empedu. Akibatnya cairan empedu akan terperangkap di dalam kantong empedu. Penyumbatan ini dapat terjadi karena adanya batu atau pun tumor. Ketika terjadi penyumbatan akan memicu risiko iritasi dan tekanan di bagian kantong empedu yang menyebabkan pembengkakan.

  1. Infeksi atau Trauma

Penyakit kolesistitis ini juga dapat disebabkan karena adanya infeksi atau pun trauma yang terjadi karena benturan. Pada kasus ini Anda akan memerlukan perawatan di ruangan ICU. Biasanya penyebab ini disertai dengan komplikasi penyakit lainnya seperti diabetes. Pembengkakan terjadi terus menerus sehingga menyebabkan dinding kelenjar empedu mengeras.

  1. Batu empedu

Kolesistitis merupakan penyakit yang dimulai karena adanya perkembangan dari partikel keras di kandung empedu yang disebut dengan batu empedu. Penyebab ini akan menyumbat saluran kistik di mana merupakan tempat empedu mengalir ketika meninggalkan bagian kantong empedu.

Anda bisa mengetahui tandanya dengan warna urine yang tidak jernih atau menguning.  Jika sudah sering mengalami urine yang terus menguning jangan dibiarkan saja. Anda bisa jadi sudah menjadi penderita penyakit batu empedu yang bisa merambah ke penyakit kolesistitis.

  1. Pembuluh Darah

Masalah yang terjadi pada bagian pembuluh darah juga dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit ini. Di mana bagian pembuluh darah akan rusak dan menurunkan aliran darah untuk sampai ke kantong empedu. Saat ini terjadi Anda akan merasakan sakit perut sebelah kanan yang berlangsung lama sampai aliran darah bisa menuju ke kantong empedu.

  1. Tumor

Penyakit tumor yang terkenal berbahaya juga menjadi penyebab terjadinya penyakit kolesisititis. Hal ini karena tumor akan mencegah empedu mengalir keluar dari kantong empedu secara benar. Kondisi ini akhirnya akan menyebabkan penumpukan empedu yang terus bertambah jika tidak segera diatasi.

  1. Diabetes dan Obesitas

Penyakit diabetes yang dialami akan membuat Anda berisiko mengalami penyakit kolesistitis. Terlebih jika Anda juga mengalami obesitas. Masalah ini akan semakin parah dan membuat bagian empedu menjadi tidak bisa bekerja dengan baik. Maka penting sekali untuk Anda menjaga makanan yang dikonsumsi jangan sampai terserang penyakit diabetes dan obesitas.

Rasa sakit perut sebelah kanan bukanlah gejala sakit yang bisa dianggap remeh. Ada banyak penyakit yang dapat terjadi dengan rasa sakit perut ini. Anda harus waspada dan segera mencari tahu penyebabnya sebelum kondisi menjadi semakin parah. Hubungi dokter yang ahli jika sakit perut terus terjadi dalam waktu yang lama atau pun berulang kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *