September 22, 2019
Travelling

Pengalaman Transportasi Cepat Di Malaysia

Wisata Malaysia

Hai kali ini aku mau sedikit share pengalam kami yang baru mendapatkan pengalaman serunya jalan jalan ke Malaysia. Aku mau sharing mengenai moda transportasi di Malayisa yang mungkin bisa dibilang lebih modern. Salah satu alternatif bagi kita yang masuk ke Malaysia melalui Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 1 ataupun 2, bisa menggunakan KLIA Ekspres atau KLIA Transit.. Untuk harga tiket KLIA Ekspres waktu itu kami ceknya online di Traveloka yang ternyata bisa ngecek KL di Malaysia juga.

Meskipun ada pilihan untuk menggunakan KLIA Ekspres, KLIA Transit maupun bus, tapi disarankan untuk menggunakan yang ekspres, ya. Khususnya yang waktunya tidak banyak untuk keluar dari bandara dan menuju KL Sentral yang jaraknya sekitar 30 menit dari stasiun pertama.

Untuk tiket bisa kamu beli di Self-Service Kiosk yang ada di area bandara. Atau, kalau mau lebih ringkas dan cepat, bisa juga kok beli dari aplikasi KLIA Ekspres di ponsel pintarmu. Caranya? Kurang lebih seperti ketika kita beli tiket perjalanan secara online di Tanah Air, gampang kok.

Atau biar lebih gampang, mending beli di Traveloka aja. Seperti halnya pesan tiket pesawat dan pemesanan lainnya, kita bisa lebih mudah memantau dan melakukan proses pemesanan, hingga menyelesaikan pembayaran. Tinggal pilih jadwal kereta yang diinginkan, nantinya e-ticket akan dikirimkan via email yang bisa jadi pegangan kamu ketika akan masuk ke kereta.

Untuk dapat masuk ke kereta, voucher yang sudah dikirimkan via email harus di scan di gerbang boarding, sebagai tanda bahwa kamu sudah punya tiket dan terverifikasi. Prosesnya cepat kok dan tiap penumpang punya barcode yang berbeda-beda untuk menghindari adanya penipuan.

Antara dewasa dan anak-anak ada perbedaan harga tiket sekitar setengahnya. Usia anak-anak yang dikenakan harga tiket sih dari 2 hingga 12 tahun. Jadi untuk dewasa dikenakan sekitar 55 Ringgit Malaysia untuk tiket satu kali jalan, dan anak-anak 25 Ringgit Malaysia. Namun harga tersebut bisa jadi lebih murah jika belinya untuk PP, maksudnya ketika kita sudah waktunya pulang ke Tanah Air, seperti halnya tiket pesawat terbang, tiket KLIA Ekspres juga bisa dibeli duluan. Biar gampang,

Dengan KLIA Ekspres, tentunya kita tak perlu lagi transit di sejumlah stasiun menuju KL Sentral. Apalagi buat kita yang punya urusan penting dan waktu yang tidak banyak, waktu lama di perjalanan akan sangat mengganggu kenyamanan dan juga menyulitkan. Bukannya cepat selesai, malah bisa jadi kacau jadwalnya karena kita belum sampai dan harus transit di stasiun-stasiun yang ditetapkan.

Untuk jadwalnya sendiri, dari dan menuju bandara ada beberapa yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan jadwal penerbangan. Namun untuk lebih nyamannya dan tidak terlalu buru-buru, gak ada salahnya kok lebih cepat 1-2 jam dari waktu boarding agar tidak ada potensi ketinggalan pesawat. Apalagi buat kamu yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur dan belum tahu banyak tentang area bandara setempat.

Dengan waktu perjalanan sekitar 28 dari KLIA menuju KL Sentral dan 33 menit dari KLIA 2 menuju KL Sentral, kamu bisa menikmati perjalanan yang nyaman tanpa harus ribet dan takut ketinggalan banyak waktu. Frekuensi perjalanannya juga bervariasi, yakni tiap 15 menit untuk jam-jam sibuk, tiap 20 menit ketika kesibukan menurun dan tiap 30 menit setelah tengah malam.

Jadi, memang disesuaikan dengan tingkat antusiasme pengguna yang memang lebih banyak pada jam-jam sibuk sekitar pukul 6 hingga 9 pagi dan pukul 4 sore hingga 10 malam.

Meskipun terbilang moda transportasi yang ekspres dan cepat, bukan berarti layanannya biasa. Selain dapat memangkas waktu perjalanan jadi lebih singkat, KLIA Ekspres juga menawarkan koneksi 4G WiFi untuk memudahkan penumpang yang mengharuskan tetap terhubung dengan internet selama di perjalanan. Khususnya bagi penumpang dari kalangan pebisnis yang tentunya memerlukan waktu dan koneksi di saat yang bersamaan untuk memastikan pekerjaannya tidak tertunda.

KLIA Ekspres juga melayani check-in penerbangan di Kuala Lumpur City Air Terminal yang berada di dalam KL Sentral Station. Meskipun baru terbatas untuk penumpang yang terbang dengan Malaysian Airlines, Cathay Pacific, Cathay Dragon dan Malindo Air. Jadi, dalam satu waktu sebelum menuju bandara, penumpang sudah bisa melakukan check-in, mencetak tanda bagasi dan boarding pass. Tapi mesti diingat, waktu check in menggunakan fasilitas ini hanya bisa dilakukan 3 jam sebelum penerbangan untuk rute internasional dan 2 jam sebelumnya untuk rute domestik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *