June 7, 2020
Gejala Depresi

Pahami Gejala Depresi untuk Memperbaiki Kesehatan Mental

Siapa pun pasti pernah merasakan stress, bukan? Stress yang normal masih bisa diatasi secara mudah, tapi kalau sudah masuk dalam tingkat depresi, Anda harus mengatasinya dengan bantuan psikolog atau psikiater. Gangguan kecemasan ini jangan dianggap sepele karena menjadi salah satu penyebab orang bunuh diri kalau tidak ditangani segera.

Gangguan ini memang sangat umum terjadi dan ditandai dengan perubahan suasana hati yang mudah berubah-ubah sampai minat melakukan aktivitas semakin menurun. Namun, jika Anda memahami gejala-gejalanya, mungkin bisa menjadi langkah awal untuk memperbaiki kesehatan mental Anda.

Berikut beberapa gejala-gejala depresi.

Perasaan Putus Asa

Orang yang menderita gangguan ini akan cepat merasa putus asa dalam menghadapi masalah. Ketika orang mulai merasa putus asa, orang tersebut tentu menjadi tidak memiliki harapan lagi untuk melakukannya lebih baik. Pandangan orang tersebut juga akan menjadi suram dan semakin merasa yakin jika tidak ada cara lain untuk menyelesaikan masalahnya.

Hilang Minat Beraktivitas

Orang sedang depresi juga akan semakin mudah kehilangan minat dalam beraktivitas. Meskipun memiliki hobi atau kegemaran yang biasanya dilakukan, mereka tidak lagi ingin melakukannya bahkan mencampakkan kegemarannya. Intinya, orang yang sedang mengalami gangguan ini tidak lagi merasakan yang namanya sukacita atau pun kesenangan dalam hidup.

Selera Makan Berubah-ubah

Depresi juga membuat seseorang akan mengalami perubahan pada pola makannya, baik semakin bertambah banyak porsinya atau semakin sedikit. Tidak heran ketika orang sudah mengalami gangguan ini, berat badannya terkadang ada yang naik atau pun ada yang turun. Apa pun makanan yang disediakan, termasuk makanan yang disukainya, orang tersebut bisa saja lahap memakannya atau tidak sama sekali.

Mudah Marah

Salah satu gejala depresi adalah orang tersebut mudah sekali marah. Tidak hanya mudah marah, mereka juga akan menjadi mudah kasar pada orang lain dan merasa semakin gelisah jika orang lain mengganggunya meskipun hanya masalah kecil saja.

Ketika tingkat toleransinya sudah semakin menurun, orang yang mengidap gangguan ini akan menjadi lebih temperamen dan mudah sekali terpancing untuk mengamuk.

Kehilangan Energi

Ketika seseorang menderita depresi, orang tersebut juga menjadi mudah kehilangan energi. Mereka akan menjadi lebih lamban dalam melakukan aktivitas apa pun. Bahkan untuk melakukan hal-hal yang kecil saja, mereka seperti terasa berat untuk melakukannya.

Membenci Diri Sendiri

Yang menjadi gejala umum pada orang penderita gangguan ini adalah membenci diri sendiri. Mereka akan mudah sekali menyalahkan diri sendiri terhadap suatu masalah atau kondisi tertentu. Selain itu, mereka juga menganggap kalau diri mereka sama sekali tidak berharga.

Dari beberapa gejala-gejala depresi di atas, ada baiknya Anda ketahui untuk menjadi langkah awal mengatasi masalah gangguan kecemasan tersebut. Jika Anda memiliki masalah, coba ceritakan pada orang terdekat Anda. Dengan begitu, beban masalah Anda akan semakin berkurang dan terhindar dari stress berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *