December 9, 2021
SPT Pajak Online

Mengulik Ragam Keuntungan Lapor SPT Pajak Online Bagi Perusahaan. Apa Saja?

Sebagai pelaku usaha, tentu pajak menjadi kewajiban yang harus dibayarkan kepada pemerintah. Saat ini anda pun tidak perlu repot datang ke kantor pajak, melainkan sudah bisa melakukannya hanya melalui formulir Surat Pemberitahuan (SPT) elektronik secara online. Lalu seperti apa sajakah keuntungan dari lapor SPT pajak online bagi perusahaan? Berikut ulasannya.

Keuntungan Melakukan Lapor Pajak Secara Online Untuk Perusahaan

  1. Efisiensi Waktu Dan Biaya

Adanya layanan lapor SPT secara online akan memberi kemudahan pada setiap Wajib Pajak Pribadi maupun para Perseroan atau WP Badan yang ingin menyampaikan laporan SPT Pajak Penghasilan Masa maupun Tahunan secara elektronik. Selain itu anda pun juga akan mendapatkan efisiensi waktu serta biaya yang lebih terjamin.

Mengapa? Karena sudah tidak perlu lagi datang dan antri di kantor pajak untuk melaporkan SPT. Jadi hanya melalui telepon genggam serta bantuan jaringan internet, anda sudah bisa melaporkan SPT pajak sesuai dengan ketentuan. Dengan kehadiran layanan ini pastinya akan memudahkan anda bukan?

  1. Mencegah Terjadinya Kesalahan Perhitungan

Perlu diketahui bahwa seorang pengusaha akan dibebankan pada beberapa jenis pajak penghasilan yang memiliki tarif dan juga cara perhitungan yang berbeda beda setiap pembayaran, meskipun sama sama menggunakan lapor SPT pajak online. Untuk Usaha Kecil Menengah yang tidak memiliki konsultan pajak, pastinya akan mengalami kesulitan dalam perhitungan secara manual.

Dalam rangka mencegah terjadinya kesalahan perhitungan, maka anda bisa menggunakan aplikasi pajak yang memang sudah terintegrasi langsung pada sistem lapor SPT secara online. Dengan begitu, pengusaha pun tidak perlu lagi takut terjadi kesalahan dalam perhitungan nominal pajak yang didapatkannya.

  1. Penyimpanan Bukti Pelaporan Pajak Lebih Terjamin Keamanannya

Apabila anda memilih untuk melakukan lapor SPT secara online, maka keamanan penyimpanan data bukti pelaporan pajak yang disebut Bukti Penerimaan Elektronik atau BPE lebih terjamin ketimbang pelaporan secara manual. Namun jika anda melakukan pelaporan secara manual, maka bukti tersebut bisa saja hilang dan berserakan.

Padahal dalam Undang Undang Ketentuan Umum Perpajakan atau KUP menyebutkan bahwa wajib pajak diharuskan untuk dapat menyimpan dokumen perpajakan dan jangan sampai hilang. Bahkan untuk penyimpanan dokumen perpajakan pun sekurang kurangnya selama kisaran 10 tahun. Maka dari itu lapor SPT pajak online dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi anda.

  1. Bisnis Akan Terlihat Jauh Lebih Profesional

Jika anda membayar pajak secara rutin dan sesuai dengan waktu yang ditentukan, secara tidak langsung akan meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut. Baik dimata para karyawan, klien, bahkan kompetitor dari perusahaan lainnya. mengapa? Hal ini dikarenakan, dengan membayar pajak tepat waktu maka perusahaan tidak akan masuk dalam daftar hitam bagi petugas pajak.

  1. Kondisi Keuangan Terbukti Sehat

Dengan mengantongi bukti lapor SPT, akan menunjukan bahwa perusahaan yang anda kelola berada dalam kondisi keuangan yang sehat. Tentu saja hal ini menjadi penting untuk diperhatikan karena penguasaan dalam manajemen keuangan sangat berperan penting terhadap kelangsungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

Pada laporan keuangan yang dipergunakan untuk mengisi formulir lapor SPT, juga dapat dijadikan sebagai pedoman paling tepat dalam evaluasi finansial perusahaan anda kedepannya. Adanya sistem dari lapor SPT pajak online, tentu pengelola perusahaan pun dapat mengetahui perihal keuangan secara jelas, terperinci dan tanpa menerka nerka.

Demikian informasi singkat yang berkenaan dengan keuntungan jika anda memilih lapor pajak secara online. Mulai dari efisien waktu dan biaya, mencegah terjadinya kesalahan perhitungan pajak secara manual, bisnis terlihat lebih profesional, dan yang terakhir yaitu kondisi keuangan perusahaan terbukti sehat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *