September 27, 2021
Sakit Punggung

Mengalami Sakit Punggung? Atasi dengan 5 Cara Berikut

Sakit punggung bisa terjadi kepada siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Penyebabnya pun beragam, bisa karena stres dan kelelahan hingga mengidap penyakit yang serius. Meski sering dianggap sepele, namun jika tidak segera ditangani juga akan mengganggu aktivitas anda. Berikut cara yang bisa anda lakukan ketika mengalami sakit punggung.

Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Sakit Punggung

  1. Mengompres dengan Es Batu

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengompres bagian yang terasa sakit dengan menggunakan es batu. Ketika anda merasakan sakit atau nyeri di bagian punggung, segera siapkan es batu dan handuk atau kain yang anda miliki. Bungkus es batu menggunakan handuk, lalu kompres ke bagian punggung yang terasa nyeri.

Dengan mengompres menggunakan es batu yang dingin, maka rasa sakit yang anda alami bisa berkurang dan terasa lebih ringan. Sesuatu yang dingin akan membantu mengurangi inflamasi. Cara ini bisa menjadi penanganan pertama yang bisa anda lakukan. Jika nyeri sudah sembuh, anda bisa beristirahat untuk memulihkan kondisi.

  1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Saat mengalami sakit punggung yang terasa mengganggu dan tidak bisa teratasi dengan menggunakan kompres es batu, anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Salah satu obat pereda nyeri yang bisa anda konsumsi adalah paracetamol. Jika menggunakan obat pereda nyeri masih belum juga teratasi, anda bisa mencoba untuk memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

  1. Memperbaiki Posisi Duduk

Biasanya, rasa nyeri di punggung kerap datang ketika sedang bekerja dan duduk dalam waktu yang lama. Terlebih bagi anda yang sehari-hari harus bekerja di depan layar komputer. Ketika duduk di posisi yang sama dan dalam waktu yang lama, sakit punggung akan mudah terjadi. Oleh karena itu, anda bisa melakukan peregangan sesekali untuk mengusir rasa nyeri.

Anda bisa mencoba untuk berdiri setiap 2 jam sekali dan menyediakan air putih. Saat melakukan pekerjaan yang menguras kerja mata dan posisi duduk yang sama, anda memerlukan asupan air  putih lebih banyak agar kondisi anda tetap stabil. Sebab, salah satu hal yang bisa menyebabkan anda mengalami sakit punggung adalah kurangnya asupan air putih.

  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Cara ini lebih kepada upaya pencegahan agar anda terhindar dari sakit punggung. Melansir dari anlene.com, makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang punggung adalah makanan yang mengandung vitamin A, C, D, K, B12, magnesium, zat besi, dan kalsium. Makanan dengan kandungan gizi di atas sangat baik untuk menjaga imun tubuh dan mencegah kerusakan tulang.

  1. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga rutin bisa menjadi upaya pencegahan dan upaya pengobatan sakit punggung yang anda alami. Fungsi dari olahraga adalah untuk menjaga keseimbangan antara makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan gerak  badan untuk menjaga kepadatan tulang. Selain berkeringat yang akan membuat tubuh sehat, olahraga juga menjadi cara mengatasi ketika mengalami sakit punggung.

Beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan untuk memperkuat tulang punggung adalah lari, berenang, yoga, dan zumba. Jika anda merasa jenis olahraga tersebut terlalu berat untuk usia anda saat ini, anda bisa melakukan olahraga yang ringan asal tetap berkeringat dan tubuh tetap bergerak.

Sakit punggung memang seringkali dianggap sepele oleh beberapa orang. Padahal jika dibiarkan, sakit punggung ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Oleh sebab itu, beberapa cara di atas dapat anda lakukan ketika anda merasakan nyeri di bagian punggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *