March 31, 2020
Rumah

Membeli Rumah Pertama dengan KPR, Ini Tipsnya!

Anda yang baru pertama kali ingin membeli rumah tentunya masih belum terlalu tahu mengenai KPR. Seringkali, ada perasaan takut dan tegang dalam prosesnya. Namun tenang, sebenarnya ini adalah cara terbaik untuk wujudkan rumah imajinasimu karena Anda bisa dapat rumah yang diinginkan dengan dana yang sedang dipunya. Bagaimana tipsnya?

Tips KPR Rumah Pertama

  1. Mulailah Menabung untuk Biaya Pembayaran

Tips pertama untuk pembayaran uang muka, cobalah untuk menabung lebih dulu guna biaya pembayaran uang muka. Tujuannya tentu saja agar Anda tak perlu meminjam baik melalui lembaga bank atau lainnya ataupun keluarga untuk mencukupi kebutuhan DP yang jumlahnya bisa mencapai 10% dari total harga rumah.

Anda bisa coba sisihkan sebagian gaji yang Anda miliki setiap bulan untuk menabung ditambah dengan bonus, THR, gaji dari pekerjaan sampingan dan masih banyak lagi. Anda harus ingat, ketika ajukan KPR dan disetujui, Anda tak hanya perlu bayar uang muka saja, Anda juga harus bayar biaya lain seperti pajak atau hipotek dan lainnya.

  1. Cari Tahu Mengenai Penyedia KPR dengan Uang Muka dan Hipotek Ringan

Bila dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak, Anda bisa coba mencari penyedia KPR dengan uang muka dan hipotek yang ringan lebih dulu. Carilah perusahaan properti mana yang menawarkan uang serta pajak yang lebih rendah untuk menyesuaikan dengan dana simpanan yang Anda miliki.

Semakin besar pajak yang Anda bayarkan, biasanya akan semakin ringan pengeluaran yang harus Anda bayarkan. Anda bisa menentukan semua kemudahan yang didapat berdasarkan dana dan kemampuan yang Anda miliki. Baik itu untuk membayar angsuran ataupun untuk membayar hipotek.

  1. Pastikan Kredit Anda Tidak Melebihi Batas Maksimal

Hal lain yang sebaiknya Anda tahu dalam wujudkan desain rumah yg bikin relax adalah memastikan kredit yang Anda ambil tidak melebihi batas maksimal yang Anda sanggup. Ingat, jangan memaksakan mengambil KPR dengan cicilan yang besar padahal keuangan Anda sedang kembang-kempis.

Sebab, hal ini memiliki risiko kredit macet hingga gagal bayar yang besar. Anda tentunya tak mau mengalami risiko ini, kan? Ambillah plafon kredit yang sesuai dengan kemampuan setelah dihitung kebutuhan bulanan serta utang kredit lainnya.

Biasanya, bank akan memberikan pinjaman KPR sesuai dengan kemampuan bayar Anda dan kredit lain yang dimiliki. Makin banyak jumlah kredit yang Anda miliki, maka akan semakin kecil pengajuan KPR Anda yang diterima. Sebab, mereka tak ingin menanggung beban kredit Anda yang bisa jadi penyebab pembayaran rumah gagal.

  1. Penuhi Semua Persyaratannya

Selain itu, Anda juga wajib memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Mulai dari syarat dokumen hingga syarat pengajuan. Anda harus berada di batasan usia yang sudah ditentukan dan Anda juga sudah bekerja dengan batas waktu minimal yang telah ditentukan pihak bank. Sedangkan dokumen, Anda harus menyiapkan fotokopi KTP, KK hingga surat nikah.

Anda juga wajib menyertakan surat keterangan kerja dan slip gaji serta SK pengangkatan pegawai bila Anda adalah PNS. Jangan lupa untuk melampirkan rekening koran tiga bulan terakhir, fotokopi NPWP pribadi atau SPT PPh 21 dan lain sebagainya.

Hal yang Harus Anda Hindari

  1. Tidak Memikirkan Biaya Tak Terduga

Ada banyak kesalahan yang seringkali dilakukan pembeli rumah pertama. Salah satunya adalah tidak memikirkan biaya tak terduga. Padahal, ini adalah salah satu poin penting yang harus Anda perhatikan. Beberapa biaya tak terduga tersebut adalah biaya pajak, biaya jasa agen properti, biaya instalasi rumah dan masih banyak lagi.

  1. Tidak Ada Dana Cadangan untuk Pindah Rumah

Hal lain yang seringkali jadi kesalahan si pembeli rumah adalah tidak ada dana cadangan untuk pindahan rumah. Anda pasti tak berpikir bahwa pindah rumah tidak membutuhkan biaya, kan? Oleh sebab itu, sebelum pindah rumah ke rumah baru, sediakan dana untuk ini. Sebab, ada banyak yang butuh dana tambahan.

Sebagai contoh, Anda harus menyewa mobil, menyewa jasa tukang angkut, membeli berbagai perabotan yang dibutuhkan dan masih banyak lagi. Jumlahnya pun juga tak bisa dibilang sedikit.

  1. Malu Nego

Kesalahan yang satu ini juga seringkali dialami pembeli rumah pertama. Mereka malu untuk bernego karena berbagai hal. Salah satunya adalah karena gengsi, merasa mampu dan lainnya. Sebaiknya, Anda buka pemikiran Anda. Dengan negosiasi, sebenarnya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

  1. Tidak Memeriksa Kondisi Rumah

Ini juga kesalahan yang seringkali dilakukan pembeli rumah pertama. Mereka tidak memeriksa kondisi rumah sebelum membeli. Akibatnya, ketika pihak bank datang dan memberikan nilai appraisal lebih rendah dari harga beli, mereka sendiri yang akan rugi karena harus keluarkan uang lebih banyak.

Nah, itulah beberapa tips membeli rumah pertama dengan KPR yang bisa Anda terapkan serta beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari. Untuk bisa dapatkan kredit rumah mudah, sebenarnya caranya tak susah. Hanya saja, Anda harus benar-benar bisa menemukan rumah atau pengembang terbaik lebih dulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *