September 23, 2019
Keluarga

Langkah Efektif Mencuci Botol dengan Sabun Foodgrade

Langkah Efektif Mencuci Botol dengan Sabun Foodgrade

Saat usia bayi mulai berkembang, maka konsumsi ASI akan beralih dengan minuman dari botol susu. Bentuk botol susu ini memiliki bagian ujung berupa dot dan dapat dihisap bayi dalam keadaan apapun. Nah, selama penggunaan botol susu bayi, sudahkah Ibu mencucinya dengan bersih dan steril? Tahukah Ibu, apabila botol susu tidak dicuci dengan bersih, akan berakibat buruk terhadap kondisi kesehatan si kecil. Apalagi sensitivitas si kecil tergolong masih tinggi dibanding dengan orang dewasa. Untuk itu, simak langkah mencuci botol susu dengan sabun cuci pembersih botol yang efektif berikut ini!

sabun cuci pembersih botol

Membilas Botol Susu dengan Air Panas

Langkah pertama yang harus Ibu lakukan untuk mencuci botol bayi adalah membilasnya dengan air panas. Tahukah Ibu tujuan dari penggunaan air panas ini? Diantaranya untuk mengangkat noda bandel serta membunuh bakteri yang menempel. Selain itu, air panas ini berfungsi untuk mempermudah proses pencucian. Pada tahap ini, silakan Ibu isi botol dengan air panas, kemudian kocok beberapa saat.

Gunakan Sabun Cuci Foodgrade

Langkah selanjutnya usai membilas botol susu dengan air panas adalah mencucinya dengan sabun lembut untuk bayi khusus perlengkapan makan. Sebagai saran, Ibu bisa menggunakan produk dari Sleek Baby yaitu Bottle Nipple and Accessories Cleanser. Produk ini dilengkapi dengan formula khusus untuk membersihkan perlengkapan bayi secara aman. Kandungan food grade-nya, menjamin keamanan sabun cuci pembersih botol ini sehingga ketika tidak sengaja tertelan oleh si kecil tidak akan berbahaya bagi tubuh. Sebab, bahan baku food grade ini setara dengan kandungan makanan. Namun, tetap saja tidak disarankan untuk menggunakan deterjen maupun sabun colek karena berbahaya bagi si kecil.

Bilas dengan Air Mengalir

Langkah terakhir, bilas botol susu bayi dengan air yang mengalir. Selanjutnya, Ibu bisa sterilkan botol untuk membunuh kuman yang masih tertinggal dan mengeringkannya secara alami. Apabila hendak segera digunakan, Ibu bisa menge-lapnya dengan kain maupun tisu.

Nah, itulah langkah mencuci botol bayi dengan sabun cuci pembersih botol khusus. Sudahkah Ibu menerapkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *