Kesehatan, Kuliner

Kriteria Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

admin / January 13, 2019

Kesehatan merupakan hal yang penting untuk dijaga agar bisa beraktivitas dengan optimal. Melihat kondisi cuaca yang cenderung berubah-ubah penting bagi Anda untuk menjaga pola makan sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi status kesehatan Anda. Inilah mengapa Anda disarankan untuk senantiasa mengonsumsi makanan sehat.

Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi setiap hari sebaiknya memiliki kualitas gizi dan nutrisi yang lengkap. Hindari mengonsumsi makanan siap saji yang banyak mengandung penyedap. Berikut ini kriteria makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

  1. Mengandung Nutrisi Lengkap

Kriteria makanan yang sehat adalah memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang paling utama itu ialah karbohidrat, protein, vitamin, dan kalsium. Penting untuk Anda memastikan bahwa makanan yang masuk ke dalam perut mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu tubuh akan menjalankan fungsinya secara optimal.

  1. Tanpa Bahan Pengawet dan MSG

Kriteria makanan sehat adalah makanan yang tanpa memiliki kandungan bahan pengawet dan MSG. Ini merupakan kriteria yang paling penting mengingat bahaya pengawet dan MSG yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terutama jika makanan ini dikonsumsi oleh anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih rentan. Anda harus hati-hati dalam memilih makanan.

Lebih aman jika memasaknya sendiri karena bisa mengontrol MSG yang digunakan. Kandungan MSG ini terdapat pada bumbu masak yang instan. Anda bisa melihat komposisinya di belakang kemasan sebelum menggunakan. Lihat detail persentase kandungan MSG yang ada diproduk.

Sebisa mungkin untuk Anda menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet untuk dikonsumsi. Makanan buatan pabrik ini akan berdampak pada tubuh dalam jangka waktu konsumsi yang panjang. Kondisi kesehatan Anda akan terancam setelah memasuki usia rentan atau usia lanjut. Ketika sudah mengalami masalah kesehatan penyesalan tidak akan ada gunanya lagi.

  1. Higienis

Kriteria makanan yang sehat berikutnya untuk dikonsumsi adalah higienis. Makanan yang higienis adalah makanan yang terjaga kebersihannya. Jika Anda memasaknya sendiri bahan makanan dicuci dengan bersih sampai dirasa tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Jika Anda membeli makanan dengan kemasan, pastikan kemasannya pasti dalam kondisi yang baik. Tidak ada bagian yang rusak agar kualitas makanan tetap terjaga. Pada makanan kemasan yang Anda beli juga bisa dilihat tingkat higienisnya dari bahan material kemasan.

Makanan yang higienis ini tidak memiliki kandungan zat beracun atau zat yang dapat membahayakan kondisi kesehatan. Makanan higienis juga merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi untuk tubuh.

  1. Kandungan Garam

Makanan yang sehat memiliki kriteria dengan kandungan garam yang sedikit. Hal ini karena makanan dengan kandungan garam yang tinggi akan menyebabkan risiko tekanan darah tinggi meningkat. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan dengan kadar kandungan garam yang berlebihan. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi.

  1. Mengandung Serat

Kandungan serat juga merupakan kriteria makanan yang sehat. Serat merupakan kandungan yang akan membantu melancarkan pencernaan Anda. Konsumsi makanan ini menjadi menu yang penting untuk menjaga pencernaan. Anda bisa mendapatkannya dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar. Usahakan untuk mengonsumsinya setiap hari agar tidak mengalami masalah pada pencernaan.

Makanan sehat harus menjadi makanan prioritas untuk dikonsumsi. Apa lagi kita semua tahu bahwa kesehatan sangat mahal harganya. Sebanyak apa pun uang yang dimiliki, tidak akan ada gunanya jika kita tergolek di atas tempat tidur karena sakit. Untuk itu usahakan senantiasa menjaga kesehatan ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *