February 25, 2021
PPC ADS

Keuntungan Menggunakan PPC Google Ads untuk Bisnis Anda

Pengertian PPC

PPC adalah singkatan dari Pay per Click, suatu teknik yang digunakan oleh advertiser dalam internet marketing untuk membayar dengan jumlah biaya tertentu ketika pengguna mengklik iklan/website.

Bagaimana PPC Bekerja?

Agar iklan tampil di search engine, advertiser menentukan jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk tiap konversi. Jadi, pengguna bisa melihat dan mengunjungi iklan Anda ketika relevan dengan keyword yang dicari. PPC tergolong dalam search engine marketing.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Pasang Iklan PPC

Ketika menggunakan PPC, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari riset kata kunci, menentukan budget yang tepat, hingga landing page yang berkualitas. Beberapa hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas iklan Anda. Semakin baik kualitas iklan Anda, semakin murah biaya per klik iklan Anda di search engine.

Pasang Iklan di Google (Google Adwords)

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan didunia. Tak heran jika layanan iklan dari Google, yaitu Google Adwords menjadi iklan PPC yang terpopuler.

Dengan menggunakan platform tersebut, Advertiser bisa memasang iklan di mesin pencari Google serta semua platform Google.

Bagaimana Google Adwords Bekerja?

Karena menggunakan konsep PPC, advertiser yang memasang iklan di Google Adwords perlu menentukan biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap iklan yang diklik.

Google akan memilih beberapa iklan dan menampilkannya di halaman Google ketika pengguna mencari sesuatu di search engine. Google menentukan iklan yang layak tampil menggunakan metriks CPC (Cost per Click) dan Quality Score (CTR, relevansi, landing page).

5 Hal penting dalam menjalankan iklan PPC

⦁ Menambah Keywords

Salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan iklan Anda adalah dengan menambah kata kunci. Akan tetapi, penambahan kata kunci ini perlu Anda perhatikan apakah relevan dengan bisnis Anda atau tidak.

⦁ Menggunakan Negative Keywords

Negative keywords merupakan kata kunci pengecualian yang ada di iklan Anda. Dengan memasang negative keywords, iklan Anda tidak akan muncul saat pengguna melakukan pencarian dengan kata tersebut. Jadi, relevansi iklan Anda akan meningkat.

⦁ Membuat Grup Iklan

Anda perlu membagi grup iklan ke dalam beberapa grup kecil agar CTR dan Quality Score iklan Anda meningkat.

⦁ Meninjau Kembali Kata Kunci yang Mahal

Jika kata kunci yang mahal namun tidak mempengaruhi iklan Anda, maka Anda harus menggantinya.

⦁ Terus Memperbaiki Landing Page

Sesuaikan konten dan CTA yang ada di landing page dengan kata kunci agar tingkat konversi meningkat dan mencegah semua iklan menuju ke satu landing page.

Itu dia penjelasan singkat tentang PPC Marketing. Memang diperlukan pengetahuan dan pengalaman yang cukup agar campaign PPC berjalan dengan lancar.

Jika Anda ingin menjalankan PPC Campaign, serahkanlah pada ahlinya seperti Digital Marketing Agency yang sudah berpengalaman dalam mengelola iklan PPC dan telah terbukti dalam membantu para client mencapai tujuan beriklan mereka.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *