December 6, 2021
Cicada

Keunikan Cicada Yang Belum Banyak Diketahui

Cicada atau dikenal dengan tonggeret adalah merupakan serangga sebagai penanda pergantian musim yang sedang banyak bermunculan pada bulan April-Mei. Selain tonggeretdi Indonesia Cicada dikenal sebagai local name, yaitu vampire pohon, tonggeret, garengpung, kriangan, nyengnyeng serta uir-uir. Serangga ini memliki keunikan dari serangga pencucuk penghisap ini adalah selain fungsi sosialnya sebagai penanda pergantian musim juga karena siklus hidupnya yang tidak banyak orang tahu bahwa Cicada memiliki umr 17 tahun. Namun apakah umur cicada sama panjangnya dengan cicada di Negara lain?

Di Negara Arizona, ketika penghuni  gurun yang berpengalaman tahu bahwa begitu pepohonan bergema dengan dengungan jangkrik, maka musim panas telah tiba. Untuk mengetahui bahwa begitu jangkrik pertama tahun ini dapat terdengar menyiarkan dengungan menusuk mereka dari lokasi tak terliha di pepohonan, tidak perlu harus tinggal di gurun Southwest terlalu lama. Inilah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada musim semi dan menyapa tanur sembur pada bulan juni di sebagian besar Arizona. Salah satu spesies jangkrik paling menonjol yang ditemukan di Barat Daya adalah Okanaga rubrovenosa, yang secara harfiah berarti “yang berurat merah dari Lembah Okanaga”.

Keunikan Cicada

Dilansir dari The University of Arizona News, banyak yang belum mengetahui tentang Cicada. Berikut adalah beberapa keunikan dari Cicada.

  1. Cicada memiliki bentuk tubuh seperti biola kecil dengan sayap

Cicada memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan  biola atau gitar. Sebagian besar tubuhnya terdiri dari ruang kosong berisi udara yang bertindak seperti ruang beresonansi dan memperkuat suara yang dihasilkan.

  1. Cicada adalah serangga paling keras di Barat Daya Arizona, dan mereka mengeluarkan suara dengan cara yang sama sepeerti mainan kuno yang popular. Cicada jantan dapat menghasilkan suara dengan cara yang sangat mirip. Di bagian bawah tubuhnya, cicada jantan memiliki struktur yang disebut timbal. Hal ini adalah unik untuk cicada dan terdiri dari sepasang selaput tipis dank eras yang mereka lenturkan dengan otot khusus, dan itu mneciptakan suara klik. Itu bersama dengan lubang rongga adalah bagaimana mereka mencapai volume. Selain itu, sudut yang digunakan serangga untuk menopang dirinya pada ranting atau batang yang didudukinya membantu mengontrol resonansi, seperti pengeras suara yang memantulkan suara dari dinding.

 

  1. Cicada dapat mengubah dirinya menjadi pendingin evaporative. Cicada aktif selama bagian terpanas dlam hari, Cicada telah menemukan cara berkeringat, mereka memakan getah tanaman, jadi mereka terus menerus mengisap cairan , dan saat suhu semakin panas, dan mereka mulai terlalu panas, mereka mengeluarkan air dari darah mereka dan melewatinya melalui saluran di tubuh mereka. Saat keluar dari tubuh mereka melalui pori-pori di dada mereka, mereka mendapatkan pendinginan evaporative yang terus menerus.

 

 

  1. Cicada membangun barang di bawah tanah. Cicada menghabiskan sebagian besar hidupnya di bawah tanah sebagai nimfa. Cakar Cicada berfungsi untuk menggali. Ketika saatnya tiba untuk muncul dan berubah menjadi dewasa, mereka meninggalkan meranggas dari diri remaja mereka sebelumnya.Siklus hidup cicada di Arizona dapat berkisar tiga tahun untuk spesies lokal dan hingga 17 tahun untuk spesies di Amerika Serikat bagian Barat Tengah dan Timur.

 

  1. Cicada sangat licik Kala kita lihat cicada yang anda dengar, tetapi tidak menemukan apapun disana, memang hewan serangga ini sangat sulit di jangkau ungkap hall, kalian bisa mendengar hewan cicada ini tetapi begitu kalian ulai berjala ke pohon sangat sulit untuk mengenalnya, saya piker mungkin dikarenakan suara ang di keluarkan sanagt keras sekali dan kedengerannya besar, sulit untuk mempersempit dari mana asalnya , meskipun begitu cicada ini memang, sedang menjalani strategi untuk mengalihkan sang pemangsa.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *