July 7, 2020
Portal Islami Umma

Dapatkan Petunjuk Arah Kiblat, Yuk Kenali Berbagai Fitur yang Ada di Aplikasi Umma

Umma merupakan aplikasi yang berisi tentang konten konten islam untuk menemani umat islam di Indonesia untuk beribadah. Konten yang disediakan tidak hanya artikel saja, melainkan juga dalam bentuk video. Tak hanya itu, ternyata aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang berfungsi untuk membantu pengguna menjadi muslim yang lebih baik. Penasaran dengan berbagai fitur yang disediakan oleh portal islami umma, yuk simak ulasan berikut.

Fitur Utama yang ada di Platform Umma

  1. Al Qur’an

Membaca Al Quran menjadi salah satu ladang pahala bagi umat islam. Tentunya membaca Al Qur’an juga harus dibarengi dengan cara memahami makna dari ayat ayat yang dibaca. Dengan menggunakan aplikasi umma, maka pengguna bisa membaca Al Qur’an lengkap dengan terjemahannya. Tak hanya tersedia dalam bahasa Indonesia saja, terjemahan juga tersedia dengan bahasa Melayu, Perancis, India, Inggris hingga Turki.

Umma juga membantu para pengguna untuk belajar arti ayat ayat  Al-Qur’an lebih detail. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menandai ayat dan menyimpan ayat ayat favorit , sehingga anda bisa membaca atau mendengarkan kembali ayat tersebut di lain waktu. Anda juga dapat dengan mudah menemukan topik topik di Al-Qur’an yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari. Umma membantu pengguna untuk memahami islam secara umum, melalui ayat ayat Al Qur’an.

  1. Kalender Islam

Portal islami umma juga menyediakan fitur kalender islam.Mungkin sebenarnya anda juga sudah memiliki kalender Masehi yang memuat tanggal tanggal merah, termasuk hari besar islam seperti Idul Fitri. Namun, tetap saja anda juga membutuhkan kalender islam, sehingga lebih mudah mengetahui tanggal dan bulan dalam tahun Hijriyah. Kalender islam juga sangat memudahkan anda ketika ingin menunaikan puasa sunnah seperti puasa yaumul bidh.

  1. Adzan

Fitur selanjutnya yang disediakan umma yaitu adzan yang meliputi notifikasi adzan beserta audio, sebagai penanda jika sudah masuk waktu sholat. Selain itu, ada penanda waktu sholat selanjutnya dengan menggunakan sistem hitungan mundur. Tentunya adanya fitur ini sangat membantu anda untuk menunaikan ibadah sholat agar lebih tepat waktu. Selain itu, portal islami umma juga memberikan notifikasi waktu imsak ketika bulan Ramadhan.

  1. Arah Kiblat dan Jadwal Sholat

Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya menjalankan ibadah sholat lima waktu dimanapun berada. Mungkin bukan menjadi masalah jika anda tidak sedang pergi kemana mana. Lalu bagaimana jika anda melakukan perjalanan tertentu, sehingga sulit mengetahui informasi mengenai arah kiblat dan jadwal waktu sholat. Dengan menginstal aplikasi umma di smartphone, maka anda bisa tahu arah kiblat dan juga jadwal sholat berdasarkan lokasi ketika anda bepergian.

  1. Komunitas

Salah satu cara untuk meningkatkan semangat dalam beribadah yaitu dengan berkumpul dengan orang orang sholeh. Dengan kemajuan teknologi digital, berkumpul dengan komunitas muslim juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform seperti umma. Di sini disediakan forum diskusi untuk membahas topik topik islam. Selain itu, portal islami umma juga memberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab seputar islam dengan adanya ustadz yang terpercaya.

Itulah fitur fitur utama yang ada di dalam aplikasi umma. Kehadiran umma tentunya dapat menunjang beribadah anda, mulai dari shalat hingga membaca Al-Qur’an. Umma dikembangkan oleh anak muda di Indonesia, sehingga sangat mampu menjawab kebutuhan umat islam terutama di kalangan milenial dan generasi Z. Selain itu, dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan, konten umma juga ditampilkan sesuai dengan ketertarikan pengguna .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *