February 25, 2020
Guiness Kaleng

Jangan Salah Beer Juga Ternyata Ada Manfaatnya

Ternyata masih banyak masyarakat yang salah dengan kaprah dengan minuman mengandung alcohol seperti Guinness Kaleng, minuman yang biasanya disebut dengan beer.

Banyak yang beranggapan kalo meminum beer tidak memiliki manfaat sama sekali untuk tubuh manusia, padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, bahkan sejak dahulu sudah banyak peneliti yang mengatakan minuman beralcohol seperti beer juga mempunyai manfaat untuk tubuh.

Memang untuk bisa mendapatkan manfaat saat mengkomsumsi beer, meminunya juga pada dosis yang tidak berlebihan, alias jangan sampai membuat mabuk. Diantara manfaat beer, antara lain :

  1. Kaya Antioksidan

Beer yang mengandung antioksidan memiliki kandungan zat xanthohumol. Xanthohumol diketahui memiliki sifat anti-kanker yang membantu menangkis enzim penyebab kanker di dalam tubuh. Orang yang minum bir secukupnya bisa membantu mencegah reaksi kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. Bir juga telah terbukti mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara pada wanita.

  1. Anti Ketombe

Fakta lain yang menarik tentang beer adalah beer juga bisa digunakan sebagai obat alami yang bisa membasmi ketombe di kepala Anda. Pasalnya, bir dikaitkan dengan kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B. Dengan hanya  membilas rambut Anda dengan bir sekitar dua sampai tiga kali seminggu, ini ampuh  untuk menyingkirkan ketombe dan membuat rambut Anda lembut dan mengkilap.

  1. Membuat Otak Lebih Sehat

Melalui penelitian pada 3.660 peserta, ditemukan bahwa orang yang minum beer kurang dari seminggu sekali akan lebih besar risikonya terkena stroke dibanding yang suka minum bir. Peneliti menyimpulkan, hal ini terjadi karena alkohol memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan. Tetapi, minum bir terlalu banyak juga akan menyebabkan atrofi otak (volume atau kemampuan otak berkurang). Selain itu, minumlah bir yang kaya akan nutrisi, seperti yang mengandung protein, vitamin B, zat besi, riboflavin dan magnesium.

Sekali lagi beer memang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia, namun yang perlu diingat adalah untuk mendapatkan manfaat yang baik untuk tubuh, jangan sampai mengkomsi beer secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *