September 21, 2019
Travelling

Jalan Jalan Ke Solo Jawa Tengah

Wisata Solo

Jalan-jalan di akhir pekan tentu menyenangkan apalagi jika ditambah libur panjang. Kenapa gak coba perjalanan ke luar kota aja? Gak perlu pergi jauh-jauh, cukup ke Solo, Jawa Tengah, yang juga punya beragam destinasi wisata yang keren.

Berangkat dari Bandung sekitar pukul 3 sore dengan bus Kramat Djati, sekitar pukul 4 subuh sudah tiba di Terminal Tirtonadi Solo. Naik bus capek gak sih? Kalau busnya enak dan fasilitasnya lengkap, gak kerasa kok. Malah lebih seru karena bisa lihat pemandangan sekeliling. Apalagi bus yang digunakan senyaman kereta api, karena full AC, toiletnya bersih, tempat duduknyua juga bisa diatur dan ada smoking room juga buat kamu yang perokok. Plus, ada tambahan bantal dan selimut juga yang bisa dipakai untuk tidur yang lebih nyaman, terutama yang pergi dengan bus malam. Untuk tiket bus Kramat Djati, kamu bisa dapatkan tiketnya di Traveloka, tentunya ada penawaran harga spesial.

Nah, sesampainya di Terminal Tirtonadi, sudah cari penginapan dan istirahat sebentar, baru deh paginya jalan-jalan sekalian cari sarapan. Gak ada salahnya nyobain Timlo Solo, sejenis sup yang isinya ada bihun, ampela, telur pindang, suwiran ayam dan sosis Solo dan dadar gulung iris. Kuahnya yang bening, encer dan segar bikin perutmu jadi hangat.

Sudah kenyang, yuk jalan-jalan lagi ke tempat bersejarah di Solo. Salah satu yang wajib didatangi tentu saja Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton yang didirikan tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II saat ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Raja, dan masih menjalankan tradisi kerajaan dengan budaya Jawa yang masih sangat kental.

Sebagain komplek keraton terdapat museum berisi benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk juga hadiah dari raja-raja Eropa dan replika pusaka keraton, kereta kencana dan gamelan. Oh iya, sebelum berkunjung, pastikan kamu patuh sama peraturan Keraton, ya. Misalnya tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, topi, jaket dan sandal jepit. Gak sopan kan, masuk ke istana atau keraton dengan pakaian seperti itu?

Area dalam keraton juga bebas dari asap rokok dan juga gak boleh bawa makanan maupun minuman. Pastikan juga kamu berkunjung pada jam operasionalnya, biar gak salah. Keraton Kasunanan Surakarta terletak di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon, yang buka setiap hari Senin-Kamis di jam 09.00-14.00 WIB, sedangkan untuk Sabtu-Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB. Jangan datang di hari Jumat, nanti kamu hanya bisa melihat dari luar gerbang, hehe.

Tak jauh dari keraton, sempatkan belanja di Pasar Kliwon, ya. Wilayah yang terkenal sebagai perkampungan warga keturunan Arab-Indonesia ini menjadi basis penjualan tekstil dan terdapat Pasar Klewer yang merupakan pasar batik terbesar di Indonesia. Tentu bisa jadi oleh-oleh buat dibawa pulang ke rumah.

Buat kamu yang suka fotografi, kawasan ini tentu tak boleh lewat dari lensa. Termasuk juga Kampung Kauman yang disebut sebagai Kampung Wisata Batik, yang letaknya tepat di sebelah Pasar Klewer. Banyak spot-spot menarik yang kamu potret dan tentunya menambah koleksi foto keren di galeri yang bisa kamu bagikan di media sosial. Mau belajar membatik juga bisa kok, warga setempat yang punya usaha membatik dengan ramah mau ngajarin. Tentu saja harus sopan ya mintanya, hehe.

Solo memang jadi surganya wisata kuliner dan sejarah di Jawa Tengah, yang bisa kamu kunjungi dengan keluarga ataupun yang ingin jalan-jalan sendirian. Tapi ingat ya, beli tiket busnya harus PP biar gak ribet kalau mau pulang. Oleh-oleh yang sudah dibeli juga jangan lupa dibawa biar keluarga di rumah ikut ngerasain senangnya liburan di Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *