April 19, 2021
Kereta Api

Ini Keunggulan Liburan Naik Kereta Api

 

Kereta api telah menjadi salah satu moda transportasi favorit untuk bepergian maupun liburan, bahkan di masa pandemi seperti sekarang ini. Lantas, apa sajakah beragam keunggulan kereta api yang bisa buat liburan kamu semakin seru?

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Memiliki banyak rute

Kereta api menjangkau banyak kota di Pulau Jawa maupun Sumatera. Tidak hanya ibu kota provinsi, tetapi juga kota-kota besar lainnya sehingga memudahkan kamu yang ingin liburan ke daerah tersebut.

Tidak seperti pesawat yang hanya melayani rute ke kota-kota besar, dengan kereta api, kamu bisa mengunjungi banyak kota-kota kecil yang punya berbagai pilihan destinasi wisata menarik.

  1. Harga tiket ramah kantong

Dengan keunggulan yang dimilikinya, tiket kereta api tergolong relatif terjangkau. Hal ini dapat membantu kamu menghemat biaya liburan. Meski terjangkau, namun fasilitas yang ditawarkan kereta api saat ini juga tidak kalah nyaman dengan moda transportasi lain, misalnya pesawat.

  1. Hemat waktu karena bisa pesan secara online

Sekarang, tiket kereta api bisa dibeli secara online. Kamu tidak perlu repot pergi dan antre di stasiun untuk membeli tiket. Cukup berbekal smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet kamu sudah bisa melakukan pembelian tiket kereta secara online.

Kamu bisa menggunakan Traveloka untuk cari tiket kereta sesuai kebutuhan. Tinggal masukkan kota keberangkatan, kota tujuan, tanggal berangkat dan jumlah penumpang, Traveloka akan menampilkan hasil pencarian intensif yang bisa kamu filter sesuai keinginan. Bisa berdasarkan harga, waktu keberangkatan, waktu tiba di tujuan, durasi perjalanan hingga nama kereta.

Jika sudah ketemu tiket yang sesuai dengan rencana perjalanan kamu, tinggal booking dan e-tiket pun akan dikirim melalui email. Jadi, booking tiket kereta api sekarang di Traveloka saja untuk menghemat waktumu.

  1. Proses check-in lebih mudah

Cara check in kereta api sangatlah mudah. Kamu hanya perlu tiba di stasiun keberangkatan lebih awal, lalu menuju mesin check in mandiri dan masukkan data yang tertera pada e-tiket yang dikirim ke email.

Setelah selesai, kamu pun akan mendapatkan tiket resmi yang bisa dipakai untuk masuk ke ruang tunggu keberangkatan. Bahkan kamu bisa check in beberapa hari sebelum keberangkatan lho!

  1. Persyaratan perjalanan lebih akomodatif

Naik kereta api selama masa pandemi punya peraturan khusus dimana kamu harus menyertakan surat keterangan hasil rapid test antigen maupun GeNose non reaktif. Khusus bagi penumpang kereta api, PT KAI menyediakan fasilitas rapid test antigen murah di berbagai stasiun, hanya Rp105.000 per orang dengan menunjukan kode booking tiket kereta kamu.

Selain itu, penumpang kereta juga bisa menggunakan tes GeNose yang dibanderol seharga Rp20.000 selama masa pre-launching. Harga tes ini tentu lebih murah dibandingkan tes lainnya yang dilakukan secara mandiri, terlebih lagi PCR Swab.

6.Tepat waktu

Keberangkatan kereta api senantiasa tepat waktu sesuai dengan jadwal. Namun bisa berubah jika ada kondisi force majeure, misalnya banjir atau bencana alam di daerah yang dilalui. Tapi umumnya kereta selalu berangkat tepat waktu, jadi kamu bisa menjadwalkan keberangkatan sesuai rencana liburan atau itinerary yang sudah dibuat.

  1. Anti macet

Poin yang satu ini adalah keunggulan kereta api yang tidak dimiliki transportasi darat lainnya, yaitu anti macet. Kereta api selalu didahulukan jika melewati jalanan kota sehingga kamu tidak perlu takut terlalu lama di jalan karena macet.

  1. Cuci mata sepanjang perjalanan

Selama perjalanan ke kota tujuan, kamu akan menemukan banyak pemandangan menarik yang buat perjalanan terasa lebih menyenangkan. Mulai dari perkotaan hingga nuansa pedesaan yang syahdu maupun hamparan sawah menghijau atau perbukitan dengan lembah yang dalam. Tanpa terasa, tahu-tahu kamu sudah sampai di kota tujuan.

Nah, ternyata liburan naik kereta api itu banyak keunggulannya ya! Jadi jangan ragu untuk naik kereta api sebagai moda transportasi liburanmu selanjutnya. Ingat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan selama naik kereta api hingga tiba di tujuan. Jangan lupa juga booking tiket kereta api kamu sekarang juga di Traveloka. Selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *