June 7, 2020
Mtrans Bali

Ingin Liburan Irit ke Bali? Contek Tips Traveling ala Backpacker Ini, Yuk!

Hingga saat ini, Bali masih jadi primadona pariwisata di Indonesia. Makanya, tak heran kalau orang-orang selalu ingin kembali mengunjunginya, termasuk para wisatawan asing dari berbagai penjuru dunia. Nah, Anda sendiri juga barangkali sudah merencanakan liburan ke Bali di tahun 2020 ini, kan?

Kepopuleran Bali juga mampu menarik perhatian para backpacker yang identik dengan liburan super irit, lho! Soalnya, meskipun Bali sudah sangat tersohor sebagai destinasi wisata dunia, Anda masih tetap bisa menjelajahi pulau yang diberi nama Pulau Dewata ini tanpa harus menguras isi rekening. Wah, bagaimana caranya? Yuk simak tips liburan irit ke Bali ala backpacker ini, yuk!

Naik Transportasi Darat

Tiket pesawat mahal? Tenang saja, karena ada seribu jalan ke Bali, kok! Anda juga bisa pilih moda transportasi darat seperti bus dan shuttle, yang banyak ditawarkan berbagai jasa transportasi di Indonesia. Salah satunya MTrans yang memang khusus melayani rute dari dan ke Bali, mengingat kantor pusatnya memang berlokasi di sana. Silahkan baca MTrans di sini untuk cek jadwal dan tiketnya!

Selain itu, Anda yang tinggal di Jawa juga bisa gunakan kereta api dengan tujuan ke Banyuwangi. Kota pelabuhan yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini bisa menjadi gerbang masuk Anda menuju Bali tanpa harus naik pesawat, kok.

Karena perjalanan darat makan waktu panjang, Anda jelas perlu persiapkan kondisi fisik agar prima dan tidak malah jadi jatuh sakit karena kelelahan. Tapi, sepanjang perjalanan, Anda bisa nikmati suasana dan aktivitas orang-orang, bahkan berkenalan dengan teman baru – lebih seru lagi kalau kenalan baru Anda juga merupakan backpacker yang akan berangkat ke Bali, kan?

Gunakan Transportasi Umum Selama di Bali

Ojek online boleh jadi solusi yang mudah dan praktis untuk bepergian, termasuk ketika Anda sedang liburan di Bali. Akan tetapi, tarif ojek online saat ini sudah jauh di atas ongkos naik angkutan umum, lho! Hal yang sama juga berlaku di Bali.

Mau mengandalkan voucher atau kode promo? Boleh-boleh saja, sih. Tapi ingat, voucher dan kode promo tersebut kuotanya terbatas, lho! Kalau kuotanya habis, ya tarifnya kembali seperti semula, kan?

Apalagi, Anda bisa menikmati armada bus Trans Sabargita yang dikelola Pemprov Bali dan melewati berbagai rute yang penting, termasuk rute yang banyak dikunjungi wisatawan. Kemudian, ada juga Kura-Kura Bus, alias bus mini yang memang didesain untuk melewati rute wisata. Di samping itu, shuttle point Kura-Kura bus juga mudah ditemukan, serta mampu menjangkau berbagai destinasi wisata populer Pulau Dewata. Wah, pasti bisa bikin pengalaman liburan Anda di Bali seru, kan?

Ingin solusi yang lebih murah dan praktis, terutama jika Anda liburan dengan seorang teman atau bersama rombongan? Anda bisa sewa motor atau mobil, kok. Hanya saja, ingat kalau biaya sewanya belum termasuk bensin dan sopit (untuk mobil), ya!

Akomodasi Nyaman dan Ramah di Kantong

Namanya juga liburan irit ala backpacking, tempat penginapannya juga yang ekonomis. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak pilihan tempat menginap yang terjangkau dan sesuai dengan budget backpacker Anda, kok!

Contohnya budget hostel, penginapan ala bed and breakfast, sampai kos-kosan khusus traveler yang bisa dibayar per minggu, hingga bulanan, sesuai dengan durasi liburan yang Anda inginkan.

Meski begitu, pertimbangkan juga faktor lokasi penginapan Anda, ya. Walaupun tak harus selalu di tengah kota, pilihlah penginapan yang mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari berbagai destinasi wisata yang sudah Anda rencanakan. Jadi, biaya liburan Anda tidak bocor karena transportasi.

Cari Pilihan Kuliner Enak dan Murah

Siapa bilang makan enak harus mahal? Mirip seperti berbagai destinasi wisata populer di Indonesia lainnya, Anda juga bisa temukan berbagai kuliner lezat, mengenyangkan, dan dengan harga yang ramah di kantong, kok.

Jauh-jauh hari sebelum Anda berangkat ke Bali, bekali diri Anda dengan informasi soal tempat makan murah di Bali, terutama yang lokasinya dekat dengan penginapan Anda. Atau, jika Anda menginap di guest house yang menyediakan fasilitas dapur, Anda bisa berhemat dengan memasak sendiri, termasuk memasak mi instan. Dengan begitu, Anda masih berkesempatan untuk mengeluarkan uang ekstra untuk kuliner khusus khas Bali yang benar-benar ingin Anda icip, setidaknya sekali seumur hidup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *