November 13, 2019
Rujak Cingur Ahmad Jais

Icip Nikmatnya Kuliner Khas Surabaya di 4 Tempat Ini

Siapa bilang Surabaya hanya dikenal sebagai kota industri yang padat dan identik dengan gaya hidup serba elit? Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini juga punya pesona yang menarik untuk digali, terutama dari segi pariwisata, budaya, dan kuliner.

Surabaya dapat dibilang memiliki latar belakang budaya yang cukup beragam. Warga dari berbagai etnis banyak menetap di Kota Pahlawan. Keberagaman tersebut menghasilkan akulturasi budaya yang apik, apalagi jika berbicara mengenai kuliner. Surabaya memiliki kuliner bercita rasa tak terlupakan, dari kuliner khas Jawa Timur, Nusantara, peranakan, sampai jajanan kekinian semuanya ada di Surabaya.

Tertarik menikmati Surabaya lewat sajian kulinernya? Yuk, catat 4 tempat wisata kuliner tersohor di Surabaya berikut ini:

  1. Rujak Cingur Ahmad Jais

Jalan-jalan ke Surabaya belum lengkap tanpa mencicipi rujak cingur. Omong-omong soal penganan khas Jawa Timur ini, ada satu kedai rujak cingur yang legendaris di Surabaya, namanya Rujak Cingur Ahmad Jais.

Rujak Cingur

(sumber : idntimes.com)

Warung Rujak Cingur Ahmad Jais ini sudah eksis sejak tahun 1970-an. Biarpun lokasinya agak sulit dijangkau, warga lokal dan wisatawan tak pernah lupa mencicipi kuliner satu ini. Alasannya apa lagi kalau bukan cita rasa rujak cingurnya yang ajaib. Cingurnya melimpah ruah, sedap, tidak amis, dan pastinya mantap. Tidak heran jika banyak orang rela membayar Rp60.000 untuk menikmati seporsi Rujak Cingur Ahmad Jais.

Tertarik mencoba? Datang saja ke lokasinya di Jalan Ahmad Jais No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Selain rujak cingur, ada satu lagi kuliner khas yang tak boleh dilewatkan. Lontong Balap Garuda Pak Gendut selalu ramai diburu pengunjung yang penasaran akan cita rasanya yang terkenal lezat. Seporsi Lontong Balap Garuda Pak Gendut terdiri dari irisan lontong, kecambah, kuah rempah lezat, kecap, dan bawang goreng agar rasanya semakin mantap.

Harga seporsi lontong balapnya pun murah meriah, yakni mulai Rp11.000. Bagi yang ingin mencoba Lontong Balap Garuda Pak Gendut, langsung saja meluncur ke Jalan Prof. Dr. Moestopo, tepatnya di depan PDAM Surabaya.

  1. Rawon Kalkulator

Pertama kali baca namanya, Anda pasti bertanya-tanya, apa hubungannya rawon dengan kalkulator? Memang tidak ada hubungannya, tapi warung rawon yang lokasinya di area PKL Taman Bungkul ini punya daya tarik lain di samping cita rasa rawonnya yang lezat.

Ternyata, penjaja rawon di sini punya bisa menghitung jumlah pesanan dengan capat, bahkan tanpa menggunakan kalkulator. Karenanya, pelanggan setianya menyebut warung rawonnya dengan nama Rawon Kalkulator. Tak perlu khawatir dengan cita rasanya, sebab warung Rawon Kalkulator ini sudah sukses bikin banyak orang ketagihan.

  1. Nasi Krawu Mbok Su

Kuliner asli Gresik ini ternyata juga sangat populer di Surabaya. Salah satu warung nasi krawu yang populer di Surabaya adalah Nasi Krawu Mbok Su yang berlokasi di Jalan Dharmahusada No. 108B, Gubeng. Seporsi nasi krawu biasanya terdiri dari pilihan lauk-pauk daging sapi, semur daging, sambal terasi, jeroan, dan serundeng. Mantap, bukan?

Nah, itulah 4 tempat wisata kuliner legendaris yang wajib Anda sambangi saat liburan di Surabaya. Selain yang disebutkan di atas, tentu masih banyak tempat populer lainnya. Yang penting, saat liburan nanti, pastikan Anda sudah menyiapkan segala kebutuhan, mulai tiket transportasi, perbekalan, hingga akomodasi.

Anda dapat dengan mudah menemukan hotel di Surabaya. Namun, pastikan penginapan murah yang Anda pilih tidak hanya terjangkau, tapi juga mampu menjamin kenyamanan menginap. Percayakan kebutuhan akomodasi Anda pada Airy yang menyediakan 7 jaminan fasilitas terbaik. Dengan proses reservasi dan metode pembayaran yang mudah, Anda dapat lebih tenang saat melakukan perjalanan. Yuk, siapkan rencana wisata Anda ke Surabaya sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *