May 27, 2019
Otomotif

Cara Mencuci Mobil yang Benar Sudah Diterapkan, Kenapa Warna Cat Mudah Kusam?

Cara mencuci sebuah mobil yang benar sudah Anda terapkan tapi kenapa cat warna mobil malah kusam dan mudah rusak? cara mencuci mobil yang benar sering dianggap sebagai hal yang sepele sehingga sering diremehkan banyak orang. Padahal, cara mencuci mobil yang kurang benar bisa berdampak pada kerusakan mobil kesayangan Anda. Berikut 7 kesalahan umum yang sering dilakukan saat mencuci mobil.

Cara Mencuci Mobil Yang Benar

  • Mencuci mobil di bawah sinar matahari secara langsung

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah mencuci mobil di bawah terik matahari secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan air sabun yang menempel pada mobil mengering lebih cepat. Jika Anda mencuci mobil menggunakan air bercampur cairan sabun, tentu saja noda bakal tertinggal sebelum sempat membilas dengan air. Oleh sebab itu, cari tempat yang teduh untuk mencuci mobil favorit ya!

  • Tidak menggunakan sabun pencuci piring

Cara mencuci mobil yang sangat tidak disarankan adalah menggunakan sabun pencuci piring cair yang banyak dipraktikkan masyarakat awam. Padahal, mencuci kendaraan dengan air sabun yang mengandung bahan kimia untuk peralatan makanan bisa sasaj merusak cat mobil Anda. Sebaiknya Anda menggunakan bahan pencuci mobil yang resmi dan terbukti aman yang banyak dijual di pasaran.

  • Jangan membuka jendela mobil

Kesalahan umum mencuci mobil lain adalah membuka jendela mobil saat tengah mencuci kendaraan. Hal ini bisa mengakibatkan air menyiprat masuk ke dalam ruangan mobil. Sebaiknya Anda menutup rapat jendela mobil agar tidak terjadi kerusakan pada bagian dalam mobil.

  • Tidak menyemprotkan air secara menyeluruh ke badan mobil

Kalau Anda mencuci mobil dengan campuran air dan bahan pencuci mobil khusus, sebaiknya siram badan mobil secara menyeluruh terlebih dahulu. Cara mencuci mobil yang benar ini bisa membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada badan mobil. Kalau Anda membiarkan pencucian berlangsung tanpa menyiram air terlebih dahulu, mobil kesayangan bisa saja mengalami baret-baret halus nantinya.

  • Tidak boleh menggunakan kain kasar

Lap mobil harus berbahan microfiber atau spons untuk membersihkan seluruh badan mobil. Jangan menggunakan kain berbahan kasar atau memiliki resleting dan kancing sebab bisa merusak bodi mobil. Anda bisa menggunakan kain lap khusus untuk membersihkan bagian roda atau kolong mobil. Gunakan sikat untuk membantu membersihkan bagian velg roda mobil.

  • Mencuci mobil harus bertahap

Cara mencuci mobil yang direkomendasikan adalah membersihkan secara bertahap. Anda bisa memberihkan mulai dari bagian depan, samping, belakang dan atas mobil. Sebaiknya bagian roda hingga kolong bawah mobil dibersihkan paling akhir ya!

  • Gunakan lebih dari satu lap

Menggunakan satu kain lap berbahan microfiber saja tentu tidak akan cukup sebab Anda harus mencuci bodi mobil dan bagian tersembunyi seperti kolong bawah kendaraan. Siapkan minimal dua lap agar Anda tidak mencampurkan satu lap dengan lap lain yang bisa merusak cat bodi mobil Anda. Niat Anda menghemat pengeluaran dengan menggunakan satu lap saja malah bisa berimbas pada kerusakan bagian mobil lho!

Kesalahan umum yang sering dilakukan saat mencuci mobil di atas wajib Anda perhatikan dengan baik. Aplikasikan cara mencuci mobil yang benar agar cat bodi mobil bisa awet dan tidak mudah rusak. Gunakan pula cat pembersih khusus yang bisa menghilangkan karat atau jamur khusus mobil yang mungkin memiliki usia tua agar kinclong kembali. Kini Anda bisa memiliki kendaraan yang mengkilap dan cocok digunakan untuk menjemput si dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *