Lifestyle, Otomotif

Cara Memilih Sepatu Touring yang Cocok untuk Anda

admin / February 21, 2018

Para penggila touring pastinya tak akan melupakan untuk menggunakan berbagai aksesoris hingga perlengkapan keamanan saat melakukan perjalanan. Hal ini bukan hanya untuk ajang pamer atau trend saja namun lebih pada manfaat keselamatan yang bisa diberikan. Touring biasanya adalah berkendara dalam jarak yang jauh untuk mengunjungi berbagai tempat secara bersama-sama. Keselamatan tetap menjadi prioritas nomor satu meski seringkali diabaikan karena dilakukan dalam jumlah yang besar. Padahal untuk mengupayakan kesehatan selama perjalanan, ada cara sederhana yang bisa dilakukan misalnya dengan menggunakan sepasang sepatu touring selain helm dan jaket.

Sepatu Touring

Pengendara sepeda motor merupakan pengguna jalan raya yang paling beresiko saat terjadinya kecelakaan. Hal ini dikarenakan sepeda motor yang merupakan kendaraan terbuka sehingga tak ada sisi yang melindungi penggunanya untuk langsung bersentuhan dengan lingkungan luar seperti pengguna jalanan lain, jalan raya, trotoar hingga debu. Oleh karena itu, penggunaan alat keselamatan seperti helm, jaket dan sepatu sangatlah diperlukan meski sebagian tak dimasukkan dalam peraturan perundang-undangan.

Menempuh perjalanan jauh atau touring berarti memiliki resiko yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pada jarak dekat. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan touring sebaiknya persiapkan dahulu kebutuhan berkendara Anda terutama adalah sepatu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memilih jenis sepatu yang bisa Anda praktekkan:

  • Sesuaikan dengan jenis motor yang Anda gunakan.

Misalnya Anda akan melakukan touring menggunakan motor besar yang memiliki kapasitas CC tinggi. Sebaiknya memilih jenis sepatu dengan model boot yang setinggi lutut atau hampir menyentuh lutut. Penggunaan model boot bisa menghindarkan kaki Anda dari rasa panas yang dikeluarkan oleh motor sebagai ciri khas motor berCC besar. Jika Anda menggunakan motor bebek atau motor matic biasa, maka pilihan bisa lebih beragam misalnya memilih sepatu dengan tinggi setengah kaku atau sepatu dari kulit dan latex yang lebih nyaman untuk penggunaan setelah turun dari kendaraan.

  • Bahan yang digunakan.

Beberapa bahan kuat digunakan untuk membuat sepatu touring yaitu bahan kulit asli, kulit sintetis, bahan latex sintetis hingga kanvas. Pilihlah mana yang sesuai dengan selera Anda dengan tetap memperhatikan manfaat keselamatan. Untuk bahan kulit dan kulit sintetik bisa digunakan meski sedang dalam keadaan hujan asalkan jenis sepatu yang Anda pilih bermodel boots tanpa tali. Namun untuk bahan kanvas, kaki Anda akan tetap basah saat terguyur air hujan.

  • Tampilan yang ingin Anda keluarkan.

Jika Anda ingin tampil lebih maskulin maka pemilihan sepatu model boot dari bahan kulit atau latex tebal mengkilap bisa Anda pilih. Namun untuk tampilan yang lebih casual, penggunaan sepatu berbagai kulit atau canvas dengan tinggi hanya sampai setengah kaki merupakan pilihan yang lebih tepat.

Setelah Anda mendapatkan jenis sepatu touring yang Anda ingin beli, sudah saatnya untuk merealisasikan pembelian tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan pemilihan harga sesuai dengan budget yang dimiliki agar tak mengganggu kebutuhan lainnya. Untuk pembelian sepatu khusus pengendara motor, Anda bisa mendapatkannya di toko khusus bikers di kota Anda. Tetapi jika tak ada toko seperti itu, Anda bisa mencoba mencarinya di toko sepatu yang menjual sepatu boots. Untuk mempersingkat waktu dan tenaga yang dibutuhkan, Anda juga bisa mencari secara virtual di situs belanja online dan memesan satu pasang sepatu yang sesuai dengan selera, kebutuhan dan budget yang Anda miliki untuk segera digunakan saat touring nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *