November 15, 2019
Paket Wisata Belitung

Belitung, Dengan Pesona Kuliner Sampai Keindahan Alamnya

Dulu belum banyak yang tahu tentang pulau Belitung, bahkan paket wisata Belitung saja hampir tak terdengar. Namun saat film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel best sellernya Andrea Hirata dengan judul yang sama pulau Belitung mulai dilirik banyak wisatawan untuk dikunjungi.

Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung yang beribu kota di Tanjung Pandan dan Belitung Timur yang beribukota di Manggar. Secara keseluruhan luas pulau Belitung mencapai 4.800 kmĀ² atau 480.010 hektar.

Keindahan alam Belitung memang sudah tak diragukan lagi terutama keindahan pantainya yang memiliki ciri khas tersendiri yang sulit ditemukan di tempat lain. Sehingga membuat Belitung menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara.

Umumnya, pantai-pantai di Belitung memiliki pasir lembut, pesisir pantai landai, air jernih, kumpulan batu granit yang mempesona, dan spot-spot diving yang indah. Sebagai contoh, Pantai Tanjung Kelayang yang memiliki jejeran batu granit, di beberapa sisinya. Setiap sisi, memiliki keindahannya sendiri. Seolah berada di zaman purba.

Bergeser sedikit ke Pulau Lengkuas, Anda dapat snorkeling dan diving melihat kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1990. Cukup menyelam hingga kedalaman 19 meter, Anda akan menemukan bangkai kapal berterumbu karang yang kini menjadi tempat tinggal ikan-ikan cantik.

Selain, ada pantai lainnya yang mempunyai wajah tak kalah cantic, seperti Pantai Pasir Padi yang berjarak sekitar 7 km dari kota Pangkalpinang adalah salah satu pantai yang terkenal di Bangka. Tak heran, kamu akan mendapati banyaknya warga Bangka yang mengunjungi pantai ini.

Pantai Pasir Padi memiliki pasir yang cukup unik lantaran menyerupai bulir-bulir padi. Itu makanya pantai ini dinamakan sebagai Pantai Pasir Padi. Di kawasan pantai, tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti hotel berbintang hingga restoran.

Selain itu ada lagi, Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau indah yang hanya berjarak sekitar 2 km dari Pantai Tanjung Kelayang. Pulau terbesar di antara belasan gugusan pulau kecil yang ada di utara Belitung ini kerap dijuluki sebagai Pulau Babi.

Panorama keindahan pulau tersebut sudah tak diragukan lagi. Laut jernih, pasir putih yang lembut menyatu dengan hamparan bebatuan granit besar di sekitar pantai.

Tak hanya itu, wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat melihat mercusuar Pulau Lengkuas. Selain itu, wisatawan yang datang wajib mencoba snorkeling dan melihat terumbu karang yang indah bersama ikan warna-warni di dekatnya. Pulau Kepayang juga memiliki tempat penangkaran penyu sisik yang menjadikannya sebagai destinasi eko-wisata.

Bukan hanya menyediakan keindahan alam, Belitung juga mempunyai banyak makanan khas yang wajib kamu coba jika mengunjunginya. Masakan Gangan dan Mie Belitung merupakan kuliner khas paling populer di Belitung. Kuliner ini bisa ditemui di banyak tempat. Coba juga makanan lainnya seperti Pempek Belitung dan aneka seafood. Minuman Es Jeruk Kunci Belitung amat segar untuk membasahi tenggorokan saat jalan-jalan di Belitung. Jangan lupa mampir ke warung kopi, nikmati Kopi O ala negeri seribu warung kopi dalam suasana hangat khas masyarakat Melayu.

Belitung dikenal juga dengan nama Negeri Laskar Pelangi. Wisatawan yang datang biasanya tak melewatkan berkunjung melihat replika SD Laskar Pelangi dan Museum Andrea Hirata yang terletak di Belitung Timur. Selian itu didekat Museum Kata Andrea Hirata ada juga rumah makan yang menyajikan makanan yang lezat dan menggugah selera.

Fega namanya rumah makan ini berada di dekat bundaran Tugu Negeri 1001 Warung Kopi. Tugu tersebut berbentuk teko dan cangkir kopi berukuran besar. Suasana asri rumah makan Fega cocok sekali untuk melepas lelah, lapar dan dahaga. Terletak tepat di pinggir danau yang sejuk, dikelilingi taman yang cantik, angin semilir pun kerap berhembus sepoi-sepoi. Masakannya pun enak-enak. Di sini bisa nikmati menu andalan seperti Gangan Ikan (gulai ikan khas Belitung) dan aneka masakan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *