December 8, 2021
Makanan Cegah Diare

Beginilah Cara Mengatasi Mencret Pada Saat Puasa

Bulan ramadhan menjadi saat yang paling dinantikan oleh para umat muslim, karena memang pada saat ini ibadah yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda jauh lebih banyak dibandingkan pada bulan-bulan biasa. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika seandainya bulan Ramadhan selalu disambut dengan baik bagi para umat muslim. Hanya saja ketika tengah menjalankan ibadah puasa ini memang tak dapat dipungkiri jika seandainya beberapa gangguan atau masalah kesehatan juga kerap dialami termasuk diantaranya adalah mencret atau yang dikenal juga sebagai diare.

 

Pada dasarnya diare ini sendiri memang bisa muncul dan menyerang siapa saja, dimana kondisi tersebut juga bukan sesuatu yang dapat diremehkan. Penyakit diare jika tak ditangani secara tepat bisa menyebabkan dampak yang fatal, seperti diantaranya adalah kematian karena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Di awal-awal menjalankan ibadah puasa memang kerap kali seseorang merasakan kurang nyaman di perut, hal ini dapat terjadi karena terjadi perubahan keasaman atau pH akibat perubahan pola makan dan tubuh sedang mencoba untuk beradaptasi.

 

Lalu bagaimanakah cara mengatasi mencret ketika sedang berpuasa ini? tak perlu khawatir berikut ini diantara tipsnya yang bisa Anda terapkan, yaitu:

 

  1. Memperbanyak konsumsi cairan pada saat sahur dan berbuka, karena kondisinya Anda tengah menjalankan ibadah puasa, maka untuk mengonsumsi cairan dianjurkan lebih banyak ketika sahur dan berbuka. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, sehingga nantinya tidak akan kekurangan cairan. Karena kondisi kekurangan cairan atau yang dikenal sebagai dehidrasi inilah yang akan berdampak fatal.
  2. Konsumsi yogurt setelah berbuka, makanan yang satu ini termasuk dalam sumber probiotik alami yang sangat bagus bagi tubuh, dimana nantinya ia mampu untuk meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada dalam sistem cerna, sehingga bisa melawan bakteri jahat dan sehatkan pencernaan. Konsumsi yogurt secara teratur ini ternyata juga efektif dalam meningkatkan sistem imuns sehingga nantinya tidak mudah sakit. Anda dapat mengonsumsinya setelah berbuka.
  3. Hindari konsumsi makanan berlemak dan berminyak, makanan semacam ini faktanya memang akan memperparah kondisi diare yang Anda alami tersebut. untuk itu jika seandainya tubuh belum sembuh secara total, maka dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya terlebih dahulu. Jika memang ingin maka batasi setidaknya hanya 15 gram perhari.
  4. Konsumsi obat untuk diare, Anda juga dapat mengatasinya dengan menggunakan obat-obatan yang secara khusus memang ditujukan untuk diare. Obat semacam ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotek, sehingga tidak perlu khawatir. Diantaranya yang memang paling sering digunakan adalah loperamide. Beberapa diantaranya juga dapat dibeli tanpa disertai dengan resep dokter, pastinya akan mempermudah Anda bukan.

 

Itulah cara mengatasi mencret ketika Anda tengah berpuasa, biasanya diare yang dialami oleh seseorang yang sedang berpuasa, apalagi karena perubahan pola makan ini tidak berlangsung lama. Hanya saja tentu berbeda kasusnya jika seandainya penyakit ini dipicu oleh infeksi bakteri. Karena gejala yang ditimbulkan juga lebih parah dan butuh penanganan secara intensif. Dalam kondisi tersebut maka Anda tidak dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa terlebih dahulu, melainkan harus lebih fokus pada pengobatan hingga benar-benar sembuh. Karena ditakutkan nantinya ketika Anda tetap berpuasa maka tubuh akan mengalami dehidrasi berat sehingga berdampak fatal. Padahal penderita diare dianjurkan mengonsumsi lebih banyak cairan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *