July 13, 2020
DJP Online

Begini Cara Registrasi DJP Secara Daring

DJP online merupakan sebuah situs resmi yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak. Dalam situs tersebut tersedia beragam aplikasi yang dikhususkan untuk masalah perpajakan. Dengan hadirnya situs resmi pajak dari pemerintah tersebut, kini para wajib pajak dapat melapor SPT serta melakukan pembayaran secara online. Hal ini tentunya semakin memudahkan masyarakat dalam menuntaskan kewajibannya pada Negara.

Salah satu kemudahan yang bisa diperoleh dengan menggunakan situs tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas perpajakan kapan saja dan di mana saja. Sehingga Anda tidak perlu bersusah payah meluangkan waktu untuk pergi ke kantor Pelayanan Pajak. Apabila Anda merasa penasaran sekaligus bingung dengan situs dari DJP ini, berikut penjelasannya.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Registrasi

Sebelum Anda melakukan pendaftaran akun baru pada aplikasi berikut, terlebih dahulu Anda harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak. Tujuannya yaitu untuk membuat serta mengaktifkan e-FIN (Electronic Filling Identification Number). Adapun langkah-langkahnya adalah membawa persyaratan yang diperlukan, yaitu fotokopi KTP serta fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Selanjutnya, isilah formulir pembuatan yang telah disediakan oleh kantor pelayanan pajak di loket. Jika sudah, lakukanlah aktivasi e-FIN dengan mengeklik tautan yang dikirimkan pada alamat email Anda. Setelah itu, nomor e-FIN tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan registrasi.

Cara Melakukan Registrasi DJP Secara Online

Bagi Anda yang sudah melakukan aktivasi pada e-FIN, sekarang Anda bisa segera melakukan registrasi DPJ online. Apabila Anda belum mengerti bagaimana cara registrasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini.

  1. Pertama, kunjungilah laman pajak.go.id/registrasi melalui browser pada gadget milik Anda.
  2. Berikutnya, isilah data yang diminta dengan nomor NPWP serta kode e-FIN. Ketik angka NPWP tanpa menambahkan tanda setrip dan titik.
  3. Kemudian isi kode keamanan dan klik verifikasi. Selanjutnya, masukkan alamat email, nomor telepon yang aktif, dan kode keamanan. Lalu buatlah password dan simpan.
  4. Terakhir, klik tautan dari DJP yang dikirim melalui email Anda untuk melakukan aktivasi dan masuk ke dalam menu log in.

Keuntungan Menggunakan DJP

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan layanan DJP secara online. Salah satunya adalah tidak lagi repot untuk membuat e-Bukti Potong secara manual seperti sebelumnya. Selain itu, Anda pun bisa melakukan pengisian e-Form SPT Tahunan 1771 dan 1770 online. Pembuatan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) pun juga lebih praktis dan terjamin keabsahannya.

Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum registrasi dan cara aktivasi DPJ online dengan mudah dan cepat. Dengan adanya layanan tersebut tentu saja bisa membantu Anda mengurus segala masalah yang berkaitan dengan pajak. Supaya lebih mudah untuk ke depannya, Anda bisa juga menginstal BukuKas. BukuKas sendiri merupakan aplikasi catatan keuangan yang menyediakan berbagai fitur penting yang mampu mengelola perpajakan dan keuangan dengan akurat. Adanya aplikasi ini tentu saja urusan perpajakan usaha Anda lebih mudah dan praktis. Segera kunjungi situs BukuKas sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *