December 11, 2019
Kuliah Online

Atasi Rasa Sepi Saat Mengambil Kuliah Online dengan Cara Ini

Kuliah online memang sangat mudah dilakukan. Kamu bisa belajar dimanapun dan kapanpun. Sehingga banyak karyawan senang mengambil kuliah jenis ini. Contohnya dengan ketersediaan kuliah kelas karyawan di Pintaria.com. Meski begitu, kuliah online memang menuntut kemandirian. Cukup berbeda dengan perkuliahan konvensional dimana kamu dikelilingi lingkungan sosial. Interaksi bersama teman kuliah dan dosen tentu lebih mudah dilakukan.

Bagi siswa yang menjalani kuliah online, efeknya mungkin kadang dihinggapi rasa sepi. Apalagi bagi kamu yang suka bersosialisasi. Sebab cara belajar online tidak begitu membutuhkan interaksi yang intens. Umumnya hanya sebatas diskusi pelajaran tanpa tatap muka.

Penting bagi siswa online tetap menjalin hubungan sosial. Karena rasa sepi bisa berdampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak merasa terisolasi secara sosial. Termasuk dengan memilih metode blended learning seperti kuliah di Pintaria.

Berhubungan dengan Siswa Lain

Perkembangan kuliah online membuatnya tidak lagi hanya berbentuk komunikasi satu arah. Kini mungkin saja kelas online diisi dengan banyak siswa saat waktu tertentu. Bisa untuk tujuan diskusi atau dosen memberikan beberapa tugas yang bisa menghubungkan para siswa.

Melalui cara tersebut akan terbentuk interaksi antar peserta kuliah online. Tidak cuma mengerjakan tugas bersama, mungkin juga dibuat kelompok belajar virtual. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi seperti Skype, Whatsapp atau Google Hangouts. Siswa pun lebih mudah saling mengirim dokumen, chatting hingga video call. Jika waktu dan tempat memungkinkan, siswa juga bisa bertemu secara langsung. Tak usah ragu untuk mengajak lebih dulu.

Kamu pun bisa membuka kesempatan bertemu siswa kuliah online lainnya. Tidak perlu dari kelas atau universitas yang sama, karena tetap ada kesamaan ketika mengambil kuliah online dimanapun. Mungkin ada perkumpulannya atau blog berisi cerita peserta kuliah online. Kamu jadi bisa berbagi pengalaman yang sama.

Menjaga Kehidupan Sosial

Banyak yang memilih kuliah online karena mereka tidak ingin meninggalkan pekerjaanya. Kuliah online dianggap jadi solusi karyawan atau orang dengan aktivitas padat yang tetap berusaha meraih pendidikan. Karena kuliah ini lebih fleksibel seperti program-program di Pintaria.com. Akan tetapi kuliah sembari kerja tentunya menghabiskan banyak waktu. Saat ada waktu senggang mungkin kamu lebih memilih istirahat.

Meski begitu, kamu tetap perlu menyeimbangkan kesibukan sehari-hari dengan kehidupan sosial. Jagalah hubungan baik dengan keluarga dan sahabat. Sesekali atur jadwal untuk berinteraksi dengan mereka.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan di luar rumah. Tanpa mengatur waktu untuk bersosialisasi, tingkat stres akibat kuliah dan kerja bisa semakin tinggi. Tentu dampaknya tidak baik untukmu.

Berinteraksi dengan Dosen

Sebagian besar dosen menawarkan interaksi dengan mahasiswa online lewat pertemuan di Skype, email atau aplikasi chat. Gunakan kesempatan ini untuk berhubungan dengan pengajar. Sehingga kamu bisa membangun hubungan baik.

Saat ada kesulitan dalam memahami materi atau kamu punya pertanyaan terhadap suatu konsep yang sulit, dosen dengan senang hati membantu. Bahkan kamu juga bisa mendiskusikan topik yang menarik terkait mata kuliah. Kebanyakan pengajar akan senang bila siswanya melakukan usaha lebih untuk perkuliahan. Kalau kamu mengambil kuliah di Pintaria, juga terbuka peluang bertemu langsung dengan pengajar lewat blended learning di kelas offline.

Mengambil Kuliah dengan Metode Blended Learning

Kuliah online saat ini tidak hanya berpaku pada akses internet. Ada berbagai metode belajar, termasuk salah satunya blended learning. Di sini ada penggabungan kuliah online dan kuliah offline. Sehingga siswa tetap perlu ke kampus untuk kelas tatap muka di akhir pekan.

Kuliah dengan blended learning membuka kesempatan bagi siswa untuk bersosialisasi dengan teman sekelas dan dosen. Sehingga bisa saling mengenal dan bertemu secara rutin. Rasa sepi pun dapat ditanggulangi karena kamu menemukan teman-teman yang melewati perkuliahan online bersama. Sehingga bisa saling bercerita, bertukar pendapat, saling mendukung dan memotivasi. Tertarik dengan blended learning? Coba daftar kuliah di Pintaria yang memanfaatkan model ini dalam pembelajarannya.

Variasikan Tempat Belajar

Cobalah mencari lokasi belajar yang berbeda, tidak cuma di rumah atau kantor. Dengan mengerjakan tugas atau belajar di tempat berbeda dari biasanya, kamu bisa mengurangi distraksi. Misalnya dari media sosial dan televisi. Kalau belajar sendiri di rumah lebih besar kemungkinan mengecek handphone. Di tempat berbeda kamu juga dapat merasakan suasana baru, termasuk melakukan interaksi sosial.

Lebih baik cari tempat publik seperti kafe atau perpustakaan. Sehingga suasana tenang tapi kamu bisa merasakan kehadiran orang di sekitar.  Sekadar menyapa, memesan makanan atau membantu orang di sana bisa menciptakan hubungan sosial yang hilang saat kamu belajar sendiri. Interaksi kecil sekalipun bisa membuat kamu merasa terhubung. Kamu pun jadi bisa lebih fokus, produktif sekaligus bersemangat dalam belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *