December 12, 2019
live streaming Joshua vs Ruiz Jr. II

Anthony Joshua Dan Rekornya, Serta Pertandingan Balas Dendam Melawan Andy Ruiz Jr.

Pada bulan Juni 2019 silam, penggemar tinju dunia dibuat kaget dengan sebuah hasil pertandingan tinju kelas berat. Pertandingan yang melibatkan Anthony Joshua dan juga Andy Ruiz Jr. tersebut digadang-gadang akan dimenangkan dengan mudah oleh sang pemegang rekor tak terkalahkan yakni Anthony Joshua. Meski banyak prediksi yang mengatakan Joshua akan mendapatkan kemenangan, nyatanya hasil akhir berbicara lain. Joshua harus mengalami kekalahan dengan TKO pada ronde ke-7. Kemenangan yang diraih oleh Andy Ruiz Jr tersebut membuat banyak pecinta tinju khususnya para penggemar Joshua kaget. Akibat kekalahan itu juga, Joshua kembali akan menantang Ruiz pada pertandingan yang akan digelar pada 7 Desember 2019 waktu Arab Saudi, atau pada tanggal 8 Desember 2019 dini hari waktu Indonesia.

Sebelum pertandingan yang mempertemukan kedua petinju tersebut, Joshua memegang rekor belum pernah terkalahkan semenjak tahun 2019. Lantas siapakah sosok Anthony Joshua ini? Anthony Joshua merupakan petinju yang lahir pada tahun 1989. Joshua lahir di salah satu kota di Inggris yakni Watford. Dirinya memiliki nama lengkap Anthony Oluwafemi Olaseni Joshua.

Joshua sendiri banyak digadang-gadang oleh para pecinta tinju dunia sebagai titisan dari salah satu legenda tinju sepanjang masa yakni Mohammad Ali. Bukan tanpa alasan banyak orang yang menyamakan kedua sosok tersebut. Kesuksesan seorang Joshua di dunia tinju kelas berat serta mendapatkan banyak gelar tinju versi IBF, IBO, dan WBA membuatnya banyak digadang-gadang sebagai suksesor seorang Mohammad Ali.

Joshua memulai karirnya di dunia pertarungan ring tersebut pada tahun 2007. Saat itu, dirinya baru berusia 18 tahun. Di umur yang cukup belia tersebut, dirinya berhasil meraih gelar juara. Meski harus menunggu 3 tahun setelah debutnya, dirinya berhasil menjuarai kejuaran ABA Championship. Berawal dari sinilah Joshua kemudian ditawari menjadi seorang petinju profesional. Keberhasilannya dalam menjuarai ABA Championship, Joshua akhirnya ditawari kontrak profesional.

Meski dirinya memulai karir dengan gemerlap, ternyata dunia gelap juga pernah menjadi musuh bagi Joshua. Joshua yang memiliki mimpi dapat memenangkan emas Olimpiade di cabang tinju, dirinya pernah terjerat kasus narkoba. Joshua pernah tertangkap tangan membawa narkoba. Karena hal tersebut, petinju yang saat ini sudah berusia 30 tahun tersebut akhirnya masuk ke jeruji besi. Dirinya sempat dipenjara dalam rentang waktu 1 tahun lamanya.

Meski berada dalam tahanan, niat Joshua untuk meraih mimpinya tidak pernah padam. Selama dalam penjara, dirinya terus melatih fisik sehingga tidak kehilangan insting sebagai petinju. Di dalam penjara sekalipun, bakat dari Joshua tetap terasah sehingga dirinya akhirnya terpilih sebagai perwakilan Inggris untuk Olimpiade di cabang tinju. Joshua akhirnya berhasil meraih mimpinya dengan membawa pulang emas olimpiade pada tahun 2002 silam.

Semenjak saat itu, nama Joshua akhirnya semakin naik. Di tahun 2019 ini, Joshua bahkan memegang rekor tidak terkalahkan sebelum pertandingan 1 Juni 2019 ia lakoni. Pada pertandingan tersebut, dirinya harus merelakan capaian yang didapatkannya tersebut harus patah ditangan seorang Andy Ruiz Jr. Walaupun diunggulkan dalam pertandingan tersebut, Joshua harus menerima kekalahan pahit dengan TKO di ronde ke-7 oleh Ruiz.

Kekalahannya pada Ruiz di bulan Juni lalu menjadikan motivasi tersendiri bagi Joshua untuk membalaskan dendamnya tersebut. Pertandingan yang akan dihelat pada 7 Desember 2019 di Arab Saudi ini akan menjadi pertandingan yang penting untuk seorang Joshua dalam rangka memulihkan nama baiknya. Pertandingan tersebut dapat disaksikan secara live streaming Joshua vs Ruiz Jr. II melalui Mola TV.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *