June 18, 2019
Bisnis

Agar cepat Lunas, Pahami Dulu Sistem Kerja Kredit Mobil Berikut Ini

Agar cepat Lunas, Pahami Dulu Sistem Kerja Kredit Mobil Berikut Ini

Memiliki kendaraan saat ini menjadi salah satu gaya hidup yang saat ini dirasa penting badi sebagian besar masyarakat indonesia. Banyak yang memikirkan berbagai cara untuk memiliki kendaraan, mulai dari memberi kendaraan baru, hingga kendaraan bekas. Mulai dari pembayaran tunai hingga pembayaran kredit.

Banyak penjual kendaraan yang menawarkan para pembelinya untuk membeli kendaraan dengan cara pembayaran kredit. Saat ini hampir seluruh orang membeli kendaraan dengan cara kredit, terutama para pembeli mobil. Karena harga beli mobil yang terbilang tinggi maka biasanya sebelum melakukan perjanjian kredit, para calon pembeli sering melakukan simulasi kredit mobil.

Simulasi Kredit Mobil

Sama seperti jenis pinjaman lain, kredit mobil mengharuskan nasabah untuk melakukan cicilan atau angsuran pembayaran tiap bulannya. Baik untuk kredit mobil bekas atau kredit mobil baru, perhitungan cicilan dikalkulasi berdasarkan darijumlah pokok pinjaman yang diambil dan suku bunga yang dikenakan selama jangka waktu (tenor) kredit.

Jangka waktu kredit mobil biasanya berkisar antara 1 hingga 5 tahun,tapi ada juga perusahaan yang dapat memberikan kredit hingga 7 tahun dengan paket atau persyaratan tertentu. Setiap kredit mobil dapat membiayai hingga 70% atau 80% dari harga mobil tersebut, untuk sisanya akan menjadi uang muka yang harus ditanggung oleh pembeli mobil.

Jika pihak pembeli melakukan kelalaian dalam proses pembayaran entah itu berupa tanggal pembayaran yang tidak tepat ataupun nominal pembayaran yang tidak sesuai ketentuan, maka nantinya akan di bebankan denda kepada sang pembeli. Hal inilah yang membuat banyak calon pembeli melakukan simulasi kredit mobil, agar mereka mengetahui dulu perkiraan angsuran yang harus mereka bayar nantinya.

Saat melakukan perjanjian kredit mobil, ada biaya lain yang harus dibayar yaitu biaya administrasi, biaya asuransi, provisi, angsuran pertama dan polis asuransi 1 tahun.  Asuransi mobil yang diberikan dari pihak penyedia kredit akan bervariasi antara Total loss only (TLO), all risk / komprehensif atau gabungan TLO dan all risk.

Saat membeli kendaraan dengan cara kredit, anda wajib membayar dengan uang muka atau down payment (DP).Sesuai kebijakan Bank Indonesia di Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.17/10/PBI/2015 mengenai rasio Loan To Value (LTV), persentase DP ini berkisar antara 20% hingga 25% dari harga mobil. Tetapi terkadang dalam kondisi tertentu persyaratan uang DP yang diperlukan dapat mencapai 30%.

Karena jumlah DP dan biaya di atas cukup tinggi, maka banyak calon pembeli yang melakukan simulasi untuk menghitung perkiraan nominal yang akan mereka bayar nantinya. Simulasi Kredit Mobil adalah prosedur untuk menghitungberapa nominal angsuran kredit mobil yang harus dibayar setiap bulan dalam jangka waktu tertentu. Untuk mendapatkan perjanjian kredit mobil, para calon pembeli bisa langsung datang ke dealer mobil ataupun datang ke leasing mobil. Saat ini sudah banyak leasing mobil yang bersedia mendanai pembelian mobil secara kredit.

Tentu saja bukan artinya leasing mobil mendanai mobil yang akan dibeli dengan cuma-cuma. Calon pembeli harus menyepakati perjanjian kredit yang diajukan oleh leasing untuk nantinya dibayar oleh sang pembeli setelah mobil diterima. Saat ini sudah banyak leasing mobil yang menyediakan jasa simulasi kredit mobil pada website resmi perusahaannya, sehingga para calon pembeli tidak perlu merasa kesulitan membuat simulasi tersebut. Pada website leasing, nantinya sudah tercantum kisaran bunga ataupun biaya-biaya lainnya. Jika calon pembeli sudah melakukan simulasi, besar kemungkinan sang pembeli tersebut akan membeli mobil dengan cara kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *