October 11, 2019
Bisnis

5 Ciri Fintech Pinjaman Online Yang Aman

5 Ciri Fintech Pinjaman Online Yang Aman

Zaman terus maju dan berkembang, banyak kegiatan konfensional yang lambat laun beralih menggunakan flatform aplikasi digital. Tak kecuali didunia finansial kalo dulu saat hendak meminjam uang harus mendatangi bank atau lembaga peminjaman uang, kini hanya dengan bermodalkan gadget dan jaringan internet orang bisa mengajukan pinjaman, Namun menggunakan fatform digital bukan tanpa resiko, untuk itu yuk kita perhatikan 5 ciri Fintech Pinjaman Online Yang Aman

Pinjaman Online Yang Aman

Memang belakangan ini melakukan pinjaman secara online sedang marak dilakukan masyarakat di Indonesia, selain syarat yang mudah pencairan dana pinjamanpun tergolong cepat, hanya beberapa hari bahkan ada yang beberapa jam saja.

Sayangnya, pinjaman online juga sangat rentan tindakan penipuan. Jika tak cermat dan waspada, mudah sekali menjadi korban dan merugi hingga belasan bahkan ratusan juta rupiah.

Namun bagi masyarakat yang awam, melakukan Pinjaman Online Yang Aman bukan perkara muddah. Masih banyak yang takut untuk melakukannya karena ketidaktahuan mengenai hal ini.

Berbicara tentang pinjaman online, orang kadang sudah pesimis lebih dulu. Beberapa di antaranya berpikir dan takut terkena penipuan. Sementara sisanya enggan mencoba karena merasa syaratnya terlalu rumit. Padahal, tidak demikian. Agar tak terjebak dengan penipuan berkedok pinjaman online, Berikut kami berikan beberapa tipsnya.

  • Terdaftar Di OJK

Mencari fintech yang resmi terdaftar diotoritas jasa keuangan (OJK) adalah wajib hukumnya, ini adalah langkah awal anda terhindar dari pinjaman online yang abal-abal. Fintech yang telah terdaftar di OJK pasti telah melalui audit dari OJK, selai itu fintech resmi pasti sudah mengetahui tata cara pinjaman online mulai dari cara penagihan sampai bunga yang tidak boleh lebih dari 30 persen. Intinya cari tahu dulu sebelum anda melakukan peminjaman apalagi secara online.

  • Mempunyai Kantor Resmi

Walaupun beroperasi melalui internet atau melalui aplikasi online, fintech resmi pasti mempunyai alamat kantor yang jelas. Biasanya, nomor telpon sampai alamat email pasti tercantum di situs resminya. Apabila menemui fintech yang alamat dan nomor telpon yang tidak jelas, anda wajib curiga mungkin itu lembaga abal-abal atau oknum yang ingin menipu. Selai itu memiliki layanan nasabah yang responsif. Dengan begitu, sebagai nasabah, kamu bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi kendala. Anda juga bisa memanfaatkan layanan nasabah untuk memperoleh informasi lebih dalam mengenai fasilitas pinjaman yang diperlukan.

  • Transparan Dan Teliti

Sebaiknya anda mengabaikan semua tawaran pinjaman yang datang dari pesan singkat, karena Besar kemungkinan penyedia pinjaman tersebut ilegal alias rentenir online. Apalagi, jika penyedia pinjaman itu tak memiliki situs dan email resmi. Fintech resmi selalu transparan kepada calon dibiturnya, mulai dari mekanisme peminjaman, termasuk batas pelunasan, suku bunga, dan simulasi cicilan. Sebab, OJK mewajibkan setiap penyelenggara fintech untuk transparan kepada debitur mengenai prosedur peminjaman. Selai itu fintech selalu teliti memeriksa rekam jejak calon dibiturnya, apabila anda fintech yang asal-asala memberi kredit, anda malah patut waspada Sebab, penyedia pinjaman online yang baik tak akan sembarangan memberikan dana pinjaman.

  • Bunga Yang Rendah

Memiliki bunga yang rendah juga merupakan salah satu ciri fintech yang memberikan Pinjaman Online Yang Aman. Lembaga Peminjam Uang yang baik tidak mengenakan bunga yang berlebihan kepada debiturnya, ambil contoh saja jika kamu meminjam uang senilai Rp 1 juta, bunga pinjaman akan bertambah minimal Rp 10 ribu per hari. Dalam sebulan, besar bunga pinjaman menjadi Rp 600 ribu. Itu, lebih dari setengah nilai pokok utang. Rata-rata bunga pinjaman di bank mulai dari 0,7-2 persen per bulan. Jadi, kalau menemukan pinjaman online dengan bunga harian di atas satu persen, lebih baik tak perlu dilirik.

  • Mendapat Review Bagus

Fintech yang baik selalu mendapatkan review yang bagus dari para debiturnya, untuk mendapatkan tempat Pinjaman Online Yang Aman ada baiknya anda meluangkan waktu untuk mengecek rekam jejak fintech tempat anda akan meminjam uang, apabila  mempunyai aplikasi, anda bisa melihat review melalui Komentar dan rating dari pengguna lain hal ini bisa membantu kamu sebelum mengajukan kredit ke aplikasi fintech tersebut. Aplikasi yang mendapatkan review positif, besar kemungkinan layanannya bisa dipercaya.

Sebenarnya Otoritas Jasa Keuangan sudah menetapkan kebijakan agar financial technology (fintech) company tidak melakukan penipuan agar konsumen merasa tenang dan aman. Hanya fintech yang benar-benar sudah terdaftar di OJK yang sebenarnya boleh beroperasi.

Untuk memperkecil risiko rugi, peminjam wajib memastikan penyedia pinjaman online telah terdaftar di OJK. OJK juga melakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan fintech yang terdaftar tetap menjalankan regulasi yang ada.

Namun, karena banyaknya masyarakat yang terdesak kebutuhan, masih saja yang nekat melakukan peminjaman uang secara online pada fintech yang tidak terdaftar di OJK atau abal-abal, Hal ini sebenarnya harus dihinadri, jangan sampai terjebak kedalam lubang yang lebih dalam gara-gara salah menentukan tempat pinjaman online.

Itulah 5 ciri Fintech Pinjaman Online Yang Aman yang bisa kami berikan. Yang perlu diingat kemudahan dan kecepatan proses bukan penjamin bahwa semuanya aman masih ada faktor lain, lebih detil mengenai perbandingan dan juka mengecek pinjaman online silahkan menuju link https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *