Kesehatan

4 Tahapan Cara Klaim Asuransi Prudential di Rumah Sakit

admin / October 5, 2018

Biaya yang dibutuhkan di rumah sakit sering sekali membuat Anda harus menghabiskan banyak uang karena jumlah yang tak terduga. Adanya asuransi membantu untuk mengatasi permasalahan ini tanpa ada risiko penyusutan keuangan yang dimiliki. Setiap kartu asuransi memiliki prosedur yang berbeda. Berikut ini tahapan cara klaim asuransi Prudential ketika di rumah sakit.

Asuransi Prudential

  1. Tahapan sebelum 2×24 Jam

Ketika Anda dirawat di rumah sakit maka yang pertama kali dilakukan sebelum 2×24 jam adalah menunjukkan kartu identitas peserta asuransi. Kartu Anda dibutuhkan untuk melakukan pengisian data rumah sakit dan mengetahui asuransi yang digunakan. Langkah ini dilakukan pihak rumah sakit untuk memastikan kartu Anda aktif dan bisa dilakukan proses klaim.

Setelah itu, Anda akan diminta mengisi semua formulir klaim PRUmed. Pengisian dianggap sah dengan tanda tangan Anda sebagai pemegang polis yang disesuaikan dengan ktp atau kartu asuransi. Saat diputuskan untuk rawat inap oleh pihak dokter jangan lupa untuk meminta surat keterangan dokter, kuitansi asli dan hasil laboratorium.

  1. Penyerahan Berkas

Setelah pengisian berkas selesai dan telah lengkap dengan benar maka berikan kepada pihak asuransi Prudential untuk diverifikasi. Jika data telah dinyatakan valid maka proses klaim akan segera diproses ke pihak rumah sakit.

Proses klaim ini dilakukan khusus pada rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan pihak Prudential. Jika Anda berobat di rumah sakit yang bekerjasama tidak perlu melakukan pengisian formulir karena perawatan disesuaikan dengan polis yang dimiliki.

  1. Selisih Pembayaran

Jika manfaat yang bisa Anda dapatkan dari polis yang dimiliki lebih kecil dari biaya rumah sakit yang tertera pada kuitansi maka dikenakan selisih bayar. Jika terjadi selisih maka Anda bisa membayarnya dengan uang tunai kepada pihak rumah sakit.

  1. Klaim Rawat Jalan dan Darurat

Anda akan melakukan cara klaim asuransi yang berbeda untuk rawat jalan dan darurat. Pada rawat jalan dan kondisi darurat Anda menunjukkan kartu polis yang dimiliki sejak pertama kali perawatan dilakukan di UGD.  Pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi kartu yang dimiliki. Setelahnya akan keluar biaya dari rumah sakit atas tindakan yang dilakukan.

Begitu Anda mendapatkan rincian biayanya maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengajuan klaim secara reimbursement. Ada formulir khusus yang bisa Anda dapatkan di website resmi Prudential dan dilengkapi dengan berkas penunjang kebenaran perawatan yang dilakukan. Ada surat dokter, keterangan medis, dan berbagai data untuk dilakukan verifikasi.

Asuransi Prudential merupakan asuransi yang telah memiliki kualitas terpercaya. Tersedia berbagai jenis polis pertanggungan dengan manfaat yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Asuransi ini bahkan bisa mengikutsertakan anggota keluarga yang ada di dalam kartu keluarga sesuai ketentuan yang berlaku. Anda juga bisa menggunakan asuransi untuk operasi sendi lutut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *