October 22, 2020
Masker

3 Keunggulan Masker N95 dan Cara Tepat Penggunaannya

Penggunaan masker saat beraktivitas di luar ruangan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan akhir – akhir ini. Terlebih pada saat situasi di luar sedang tidak mendukung, seperti kebakaran hutan, polusi udara, maupun adanya penyakit menular melalui udara. Berbagai jenis masker yang tersedia di pasaran, dan sering direkomendasikan adalah masker N95. Meskipun harganya lebih tinggi masker ini memiliki banyak keunggulan. Simak selengkapnya.

Berikut Keunggulan Masker dan Cara Tepat Penggunaannya

  1. Dapat Menyaring Partikel Kecil Di Bawah 10 PM

Di udara terdapat berbagai jenis partikel yang tersebar, dapat dalam bentuk padat maupun cair. Partikel ini akan bercampur dengan udara dan dapat bergerak ke segala arah, termasuk dapat terhirup oleh organ pernafasan manusia. Partikel yang dapat terhirup tersebut tentu memiliki ukuran yang sangat kecil. Penggunaan masker jenis ini lebih efektif dibanding jenis lain, karena dapat menangkal berbagai partikel – partikel kecil di udara dengan sangat baik.

  1. Menyaring 95% Partikel Di Udara

Seperti namanya, masker ini dapat menyaring partikel kecil di udara sebanyak 95%. Hal tersebut dikarenakan bahan dari masker N95 memiliki lapisan filtrasi lebih dari satu. Oleh karena itu banyak dari berbagai instansi maupun peneliti merekomendasikan untuk menggunakan masker ini dibanding jenis lainnya. Masker ini sering digunakan di sektor industri dan instansi kesehatan untuk menangani pasien yang mengidap berbagai virus menular.

Selain virus yang berbahaya bagi pernapasan, masker ini juga dapat digunakan saat kondisi lingkungan berkabut. Ada beberapa wilayah yang memiliki polusi udara yang cukup berat, populasi tersebut dikarenakan banyaknya asap atau kabut dari kendaraan maupun kebakaran hutan. Sehingga masker ini menjadi salah satu masker yang disarankan untuk menghadapi lingkungan yang terpapar kabut asap.

  1. Dapat Digunakan Sebanyak 3 Kali

Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuwan di UCLA, masker N95 dapat dilakukan dekontaminasi dan digunakan sampai 3 kali. Dengan catatan integritas perlengkapan dan juga segel respiratornya tetap terjaga. Upaya dekontaminasi yang paling efektif adalah dengan melakukan penguapan menggunakan larutan hidrogen peroksida. Disisi lain dekontaminasi juga dapat dilakukan dengan disterilkan menggunakan ultraviolet dan suhu panas.

Namun dengan cara dekontaminasi tersebut masker hanya dapat digunakan kembali sebanyak 2 kali saja. Namun para ilmuwan lebih menghimbau untuk masyarakat awam menggunakannya sekali saja. Karena melakukan dekontaminasi masker ini perlu mempertimbangkan berbagai faktor dan tidak dapat memastikan bahwa semua orang dapat melakukan dekontaminasi dengan benar.

  1. Punya Berbagai Keunggulan, Seperti Ini Cara Penggunaan Yang Tepat

Meskipun bentuk masker terlihat kokoh dan tebal, ada beberapa aturan khusus yang perlu diperhatikan dalam menggunakan masker ini. Penggunaan masker ini tidak dianjurkan untuk anak – anak, ibu hamil dan orang yang menyidap penyakit pernafasan kronis. Hal tersebut dikarenakan desain masker yang cukup tebal dan juga ketat dapat membuat adanya kemungkinan pengguna sulit bernafas.

Selain itu, dianjurkan penggunaan masker ini untuk sekali pakai meskipun sudah ditemukan cara dekontaminasi masker ini. Karena cara tersebut belum dapat dianjurkan ke masyarakat awam, aturan penggunaan masker N95 ini perlu diganti selama 8 jam pemakaian. Karena setelah 8 jam, masker dianggap sudah tidak efektif lagi untuk menangkal virus maupun polusi udara yang berbahaya.

Beberapa keunggulan masker tersebut dapat lebih meyakinkan anda apabila memang situasi disekitar mendukung untuk selalu menggunakan masker. Masker ini telah direkomendasikan oleh banyak ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia karena keefektifannya dalam menyaring partikel maupun virus yang berbahaya bagi kesehatan. Tetap jaga kesehatan anda dengan menggunakan masker di luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *