September 22, 2019
Kesehatan

3 Kebiasaan Memakai Pembalut yang Tidak Baik Bagi Kesehatan

merk pembalut yang aman

Terkadang, masih banyak wanita yang salah dalam cara memakai pembalut ketika sedang haid. Khususnya bagi anda yang baru pertamakali mengalami masa haid ini. Tidak heran jika ada kesalahan saat mempraktikkan aturan dalam memakai pembalut yang benar.

Pembalut sendiri merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menyerap cairan yang keluar selama masa haid berlangsung. Berbeda dengan popok (menyerap urin), pembalut berguna untuk menyerap darah. Tidak hanya saat haid, anda juga bisa menggunakan pembalut ketika mengalami masa nifas setelah operasi di daerah vagina atau setelah melahirkan.

Kebiasaan Memakai Pembalut yang Dapat Merusak Kesehatan

Berikut ini ada beberapa kebiasan yang mungkin dilakukan oleh anda, namun tanpa disadari bisa merusak kesehatan. Hal ini dikarenakan kebiasaan memakai pembalut tersebut tidak baik dan tidak aman untuk dilakukan.

  1. Memakai Pembalut yang Sudah Lama Dibiarkan

Terkadang beberapa wanita menyimpan pembalut untuk berjaga-jaga ketika haid datang tiba-tiba. Namun ternyata pembalut yang sudah disimpan cukup lama bisa berbahaya, walaupun kemasannya baik-baik saja. Hal ini dikarenakan pembalut tersebut telah menyerap kotoran di sekitarnya, sehingga akan terdapat bakteri dan debu yang menempel yang bisa menyebabkan iritasi jika anda menggunakannya. Oleh sebab itu, sebaiknya ganti persediaan setiap 1-2 minggu sekali dan menyimpannya di kotak khusus agar aman dari bakteri dan kotoran.

  1. Tidak Membersihkan Vagina Setelah Mengganti Pembalut

Tidak jarang juga beberapa wanita yang enggan untuk membersihkan area vaginanya saat sedang haid. Kebiasaan ini salah karena vagina memiliki sifat sangat sensitif, jadi kebersihannya harus selalu terjaga. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari iritasi pada kulit. Anda hanya harus membilasnya dengan air ketika ingin mengganti pembalut. Setelah dibersihkan, diamkan hingga kering agar vagina tidak lembab.

  1. Tidak Mengganti Pembalut Setelah Berjam-jam

Pada umumnya pembalut harus diganti setelah 4 jam, ini wajib dilakukan. Jika tidak, akan membuat vagina menjadi lembab dan menjadi tempat kembang biak jamur dan bakteri yang dapat membuat permukaan kulit kelamin gatal. Bahkan bisa menyebabkan iritasi pada vagina.

Gunakan juga merk pembalut yang aman seperti Laurier, sehingga kesehatan vagina tetap terjaga dan juga nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *