March 27, 2020
spesialis fertilitas di Indonesia

3 Faktor Penyebab Infertilitas pada Pria

Masalah infertilitas atau kesuburan merupakan salah satu masalah penting yang banyak dialami oleh pasangan. Banyak sekali pasangan suami istri yang sulit untuk mendapatkan keturunan hingga jangka waktu yang lama karena adanya masalah infertilitas. Walaupun kondisi ketidaksuburan bisa dialami oleh wanita, namun kaum prialah yang seringkali menderita infertilitas.

Sayangnya banyak pasangan suami istri yang belum menyadari kondisi infertilitas setelah tahun pertama pernikahan mereka. Oleh karena itu berbagai macam tindak pengobatan infertilitas pria dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Faktor Penyebab Infertilitas pada Pria

Melakukan upaya untuk mengatasi infertilitas pria memang sangat bagus untuk mengatasi masalah infertilitas. Namun untuk mencegah hadirnya infertilitas, maka Anda harus mengenai apa saja faktor-faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Sebagai tambahan informasi, ini dia ulasan beberapa faktor yang bisa memicu infertilitas pada pria.

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi faktor penyebab infertilitas pada pria. Berbagai gaya hidup yang bisa menurunkan kualitas sperma antara lain mengonsumsi alkohol, merokok, menggunakan steroid, hingga narkoba di dalam tubuh. Selain itu memakan makanan bernutrisi rendah hingga terapi kanker atau penyakit lain juga dapat memicu infertilitas pada pria.

  1. Adanya Sumbatan Pada Saluran Ejakulasi

Infertilitas juga bisa terjadi karena adanya sumbatan pada saluran epididymis. Karena adanya sumbatan, maka sperma tidak bisa keluar. Jika terjadi kasus sumbatan, maka tindak pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan operasi untuk membuka sumbatan tersebut.

  1. Gangguan Varikokel

Varikokel merupakan istilah medis yang digunakan untuk gangguan yang disebabkan oleh pelebaran pada pembuluh darah. Varikokel yang terjadi pada pria dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti faktor keturunan, paparan suhu tinggi di sekitar organ reproduksi, hingga seringnya mengonsumsi makanan beroksidasi tinggi.

Memeriksakan kondisi kesehatan dan merubah gaya hidup sangat penting untuk mencegah infertilitas. Namun jika infertilitas sudah terjadi, maka Anda harus segera melakukan pengobatan ke spesialis fertilitas di Indonesia yang terpercaya. Jika kesulitan dalam memilih klinik terpercaya, Anda bisa mengunjungi website https://bocahindonesia.com/. Selain menghadirkan tim spesialis berpengalaman, Anda juga bisa mengatur jadwal kunjungan sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *