May 27, 2019
Lifestyle

10 Tips Belanja Barang-barang Elektronik

Hampir setiap hari kita memerlukan barang elektronik. Kita menggunakannya untuk memperlancar aktivitas atau pekerjaan. Salah satunya adalah handphone. Barang satu ini bahkan seperti soulmate, tidak pernah tertinggal kemanapun kita pergi.

Selain handphone, ada juga televisi, radio, mesin cuci, kipas angin, dan lain-lain yang kita gunakan setiap hari. Barang-barang tersebut memiliki fungsi masing-masing. Semuanya masuk dalam teknologi pesawat sederhana yang sangat memudahkan. Semuanya menjadi lebih cepat. Tidak perlu membuang-buang waktu.

Namun barang-barang elektronik memiliki kelemahan yang sudah sangat dihafal, yakni rawan akan kerusakan. Mudah untuk mendapatkan solusinya, yakni dengan perbaikan. Namun biaya yang akan kita keluarkan untuk perbaikan barang-barang elektronik ini bisa jadi lebih besar daripada harga beli. Apalagi kalau yang rusak adalah mesinnya.

Elektronik

Jika ingin awet, maka pemilihan harus dengan hati-hati. Jika memang ada kerusakan harus memiliki pilihan yang lainnya. Ada garansi padahal, tetapi pada kenyataannya malah bikin ribet, karena penggunaan barang-barang ini setiap saat.

Tips belanja barang-barang elektronik

Pembelian barang-barang elektronik menjadi kunci utama untuk menentukan keawetan dan kepuasannya. Saat akan memilih, jangan terlalu terburu-buru. Alih-alih ingin segera memanfaatkannya, yang ada justru rusak.

Berikut adalah 10 tips belanja barang-barang elektronik yang tepat.

  • Harganya berkualitas

Dalam hal ini kaitannya adalah dengan prinsip harga membawa kualitas. Harga yang mahal akan lebih awet daripada harga yang murah. Namun. Kebanyakan orang memilih untuk membeli harga yang murah, karena lebih ramah di kantong.

Hasilnya kerusakan lebih cepat terjadi karena prioritas saat membeli bukanlah kualitasnya. Belum puas memakai dalam sebulan, sudah harus masuk servis. Maka dari itulah, memilih barang yang harganya logis sangat diutamakan.

  • Orisinil

Belanja yang benar-benar orisinil. Salah satunya adalah dibuktikan dengan adanya garansi. Jika barang tidak orisinil, maka tidak akan ada garansi satu tahun. Mungkin hanya beberapa hari saja. Padahal harganya sama dengan yang orisinil, maka kita akan rugi untuk servis.

  • Secara online

Belanja barang-barang elektronik pun sangat mudah dilakukan via online. Tidak mau kalah dengan belanja baju, barang-barang ini pun juga akan update harganya setiap saat. Kita pun akan mendapatkan gambaran untuk mempersiapkan budget yang kita miliki.

  • Secara offline

Kalau tidak jauh, maka kita bisa langsung datang ke toko. Transaksi pun bisa dilakukan dengan mudah. Kita bisa melihat kualitas barang secara langsung. Berbeda dengan online yang dilihat hanya gambar katalog online-nya.

  • Membeli dari penjual yang berkompeten

Penjual yang berkompeten akan paham tentang semua jenis alat elektronik yang dijualan. Kita sebagai pembeli pun akan mendapatkan banyak pertanyaan sebelum membeli.

  • Membeli satu set

Akan lebih murah karena kita mendapatkan banyak item dalam satu kali pembelian. Kaitannya juga dengan harga beli yang lebih mudah.

  • Pastikan barang yang kita beli tidak ada cacat

Ini penting, karena akan mempengaruhi performa barang. Sebelum memutuskan untuk membeli, kita harus mencobanya terlebih dahulu.

  • Membeli barang yang bermerek

Bermerek lebih berkualitas. Walaupun kocek yang dikeluarkan lebih dalam, tetapi dijamin lebih awet. Berbeda dengan yang tidak bermerek, akan sangat rawan akan kerusakan, padahal baru membeli.

  • Mengecek semua perlengkapannya

Barang yang berhubungan dengan listrik ini sangat banyak perlengkapannya dalam sekali pakai. Seperti handphone yang harus disertai charger dan headset.

  • Membeli dengan harga promo

Mencari promo lebih asyik karena ada sensasinya. Membuat kita lebih menghemat pengeluaran tentunya.

Masih banyak lagi tips lainnya hanya bisa kita pakai untuk pembelian barang elektronik yang berkualitas. Lebih cermat saat memilih memungkinkan kita mendapatkan produk yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *